facebook

Final Piala Thomas: Ahsan / Kevin Tumbang, India Selangkah Lagi Ukir Sejarah

Rully Fauzi
Final Piala Thomas: Ahsan / Kevin Tumbang, India Selangkah Lagi Ukir Sejarah
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil di Piala Thomas 2022. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Indonesia kini tertinggal 0-2 dari India di final Piala Thomas 2022.

Suara.com - Timnas Bulutangkis Indonesia kini tertinggal 0-2 dari India di final Piala Thomas 2022. Ini setelah pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan / Kevin Sanjaya Sukamuljo tumbang di partai kedua melawan Satwiksairaj Rankireddy / Chirag Shetty di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Ahsan / Kevin menyerah rubber game setelah sejatinya tampil apik di gim pertama.

Dengan kini unggul 2-0, India sendiri kian dekat mengukir sejarah jadi juara di Piala Thomas, setelah mereka untuk pertama kalinya menembus partai final di ajang ini.

Ahsan / Kevin unggul 7-6 di awal set pertama setelah sempat tertinggal 3-5 dari Rankireddy / Shetty. Setelah itu, kejar-kejaran poin antara kedua kubu tak bisa dihindarkan.

Baca Juga: Final Piala Thomas: Anthony Ginting Menyerah Lawan Lakshya Sen, Indonesia Tertinggal 0-1 dari India

Namun, pada akhirnya Ahsan / Kevin mampu mampu unggul 11-9 atas Rankireddy / Shetty di interval gim pertama ini. Selepas interval, Ahsan / Kevin terus tancap gas dan tidak menurunkan tempo permainan cepatnya.

Meski mendapatkan perlawanan alot, pasangan Indonesia ini tampil sangat apik dan menutup gim pertama dengan kemenangan 21-18.

Masuk gim kedua, lagi-lagi pertandingan berlangsung ketat, sengit dan alot. Rankireddy / Shetty yang tampil spartan mampu unggul di interval dengan skor cukup telak 11-6.

Selepas interval, pasangan Indonesia perlahan mampu bangkit dari keterpurukan. Dengan variasi serangan yang terus dilancarkan, Ahsan / Kevin pun mampu membalikan kedudukan menjadi 14-13.

Situasi ini membuat jalannya pertandingan makin seru lantaran kedua pasangan saling kejar-kejaran poin. Ahsan / Kevin lantas mampu unggul dengan skor 17-14.

Baca Juga: Jelang Final Piala Thomas, Pendukung Merah Putih Datangi Impact Arena Bangkok

Namun secara mengejutkan, Rankireddy / Shetty memaksa pertandingan harus rubber game. Setelah deuce, pasangan India itu menutup gim kedua dengan kemenangan 23-21.

Masuk gim ketiga, kedua pasangan sama sekali tak menurunkan tempo permainan cepatnya guna mencuri keunggulan di interval.

Ahsan / Kevin pada akhirnya tertinggal  9-11 di interval. Namun meski tertinggal, ganda putra Indonesia perlahan mampu bangkit.

Ahsan / Kevin berhasil mencuri empat angka berturut-turut yang membuat mereka unggul 14-11 pasca interval.

Namun demikian, Rankireddy / Shetty menunjukkan ketangguhan dan membuktikan bahwa mereka layak main di final.

Pasangan India ini mampu menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Dan di penghujung laga, Ahsan / Kevin tidak mampu melewati poin-poin kritis dengan pasangan India menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-19, sekaligus membawa India unggul 2-0 atas Indonesia.

Pertandingan selanjutnya di final Piala Thomas 2022, Minggu (15/5):

Tunggal Putra

Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs M.R. Arjun/Dhruv Kapila

Tunggal Putra

Shesar Hiren Rhustavito vs H.S. Prannoy

Komentar