facebook

Jonatan Christie Keok, India Juara Piala Thomas 2022

Rully Fauzi
Jonatan Christie Keok, India Juara Piala Thomas 2022
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tampil di Piala Thomas 2022. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

India mengalahkan Indonesia 3-0 di final Piala Thomas 2022.

Suara.com - India mengukir sejarah jadi juara pertama kalinya di ajang Piala Thomas. India jadi kampiun setelah menekuk Indonesia 3-0 di final Piala Thomas 2022, dengan Srikanth Kidambi dari tunggal putra mengalahkan Jonatan Christie pada partai ketiga di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Seperti menanggung beban berat usai Indonesia menelan kekalahan di dua partai sebelumnya, Jonatan bermain kurang lepas sejak awal laga. Alhasil, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu kalah dalam dua gim langsung.

Indonesia pun gagal mempertahankan gelar juara Piala Thomas, dengan trofi kini jatuh ke tangan India yang pertama kali jadi juara.

Di Impact Arena, Jonatan memulai pertandingan dengan jauh dari kata meyakinkan. Alhasil, dia sempat tertinggal 2-7 dari Kidambi. Akan tetapi, perlahan Jojo mampu memperkecil skor.

Baca Juga: Final Piala Thomas: Ahsan / Kevin Tumbang, India Selangkah Lagi Ukir Sejarah

Jonatan berusaha keras untuk terus menempel poin Kidambi. Akan tetapi ini sama sekali bukan pekerjaan mudah buat Jojo karena tunggal putra India itu tampak dalam performa terbaiknya dalam partai sore ini.

Pada akhirnya, Jonatan pun menyerah 15-21 dari Kidambi di set pertama. Kehilangan gim pertama membuat Jonatan wajib bangkit pada gim kedua demi memperpanjang napas Indonesia di final Piala Thomas.

Masuk gim kedua, Jonatan kembali start dengan tidak terlalu baik. Meski begitu, Jonatan mulai mampu menemukan ritme permainannya sehingga bisa beberapa kali mengimbangi poin Kidambi.

Kejar-kejaran poin pun terjadi di antara Jonatan dan Kidambi. Laga semakin mencapai klimaksnya, kedudukan sempat imbang 18-18 yang menandakan ketatnya gim kedua ini.

Sayang pada poin kritis, Jonatan gagal menunjukkan tajinya. Jojo akhirnya kalah tipis 21-23 setelah deuce pada gim kedua. Hasil ini menandai kekalahan 0-3 Indonesia dari India di final Piala Thomas 2022.

Baca Juga: Final Piala Thomas: Anthony Ginting Menyerah Lawan Lakshya Sen, Indonesia Tertinggal 0-1 dari India

Komentar