facebook

SEA Games 2021: Lifter Eko Yuli dan Pebalap Sepeda Ayustina Tambah Pundi Emas Indonesia

Arief Apriadi
SEA Games 2021: Lifter Eko Yuli dan Pebalap Sepeda Ayustina Tambah Pundi Emas Indonesia
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan melakukan angkatan snatch dalam kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Eko Yuli merebut emas di nomor 61kg putra sementara Ayustina Delia Priatna jadi kampiun di nomor Womens Road Individual Time Trial.

Suara.com - Kontingen Indonesia menambah raihan dua medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga (cabor) angkat besi lewat lifter Eko Yuli Irawan dan balap sepeda melalui Ayustina Delia Priatna, Jumat (20/5/2022).

Lifter senior Eko Yuli Irawan melanjutkan dominasinya dalam persaingan angkat besi Asia Tenggara dengan kembali meraih medali emas kelas 61kg putra di Hanoi Sports Training and Competition Center.

Peraih perak Olimpiade Tokyo 2020 itu memastikan emas keenam SEA Games berturut-turut setelah mencatatkan total angkatan 290kg, dengan rincian snatch 135kg dan clean and jerk 155kg.

Eko, lifter yang sudah tampil dalam empat Olimpiade, membuka angkatan snatch seberat 130kg di kesempatan pertama. Eko juga dengan mulus melakukan angkatan 135kg di percobaan kedua.

Baca Juga: Dalih Alexandre Polking yang Ikut Kena Kartu Kuning di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Hanya saja, lifter berusia 32 tahun itu gagal menuntaskan angkatan seberat 138kg pada kesempatan terakhir. Meski begitu, dia tetap unggul pada kategori snatch dengan catatan terbaik 135kg.

Pada kategori clean and jerk, Eko sebetulnya berhasil mengangkat beban seberat 155kg di percobaan pertama, namun angkatan tersebut dinyatakan tidak sah oleh juri.

Beruntung Eko berhasil menuntaskan angkatan tersebut dan memastikan medali emas kelas 61kg yang juga emas pertama angkat besi Indonesia.

"Alhamdulillah bisa menyumbang emas lagi untuk Indonesia. Kapan pun dibutuhkan saya selalu siap membela Indonesia," ucap Eko menanggapi pertanyaan terkait dominasinya dan telah meraih enam emas SEA Games beruntun.

Medali perak kelas 61kg diraih lifter Malaysia Aznil Bin Bidin Muhammad dengan total angkatan 287kg, snatch 135kg dan clean and jerk. Perunggu diamankan Ngoc Trung Nguyen dari Vietnam (total angkatan 286kg, snatch 132kg dan clean and jerk 154kg).

Baca Juga: Bulu Tangkis SEA Games 2021: Gregoria Mariska hingga Rinov/Pitha Melangkah ke Semifinal

Pada edisi tiga tahun di Filipina, Eko mendapat emas sekaligus mengukir rekor SEA Games setelah membukukan total angkatan 309kg, dengan rincian snatch 140kg dan clean and jerk 169kg.

Komentar