facebook

SEA Games 2021 Usai, Chelsie Monica Fokus ke Olimpiade Catur 2022

Syaiful Rachman
SEA Games 2021 Usai, Chelsie Monica Fokus ke Olimpiade Catur 2022
WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite (kiri) saat tampil di final nomor catur kilat perseorangan melawan IM Nguyen Pham Le Thao. Dia kalah dengan skor ½ - 1 ½ di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Jumat (20/5/2022). (ANTARA/HO-PB Percasi)

Chelsie Monica meraih satu medali emas dan satu perak di SEA Games 2021.

Suara.com - Chelsie Monica Ignesias Sihite fokus menatap Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India pada 28 Juli-10 Agustus setelah meraih satu medali emas dan perak pada SEA Games Hanoi, Vietnam.

Dia mengatakan akan berusaha memperbaiki permainan agar bisa terpilih mewakili Merah Putih dalam pesta olahraga catur terbesar di dunia tersebut.

"Rencana ada Asian Games (Hangzhou/2022), tapi ditunda dan belum ada kabar jadwal barunya. Paling terdekat adalah Olimpiade Catur di India. Saya akan berusaha untuk bisa masuk tim pada seleksi nanti. Saat ini, pecatur Indonesia banyak yang kuat dan kuota terbatas yakni lima. Jadi akan ada seleksi untuk Olimpiade nanti,"kata WIM Chelsie kepada ANTARA setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5/2022).

WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite yang turun di papan tiga menjadi pahlawan usai menang dua kali di perempat final turnamen catur Piala Asia, Jumat (23/10/2020). (ANTARA/HO/Percasi)
WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite yang turun di papan tiga menjadi pahlawan usai menang dua kali di perempat final turnamen catur Piala Asia, Jumat (23/10/2020). (ANTARA/HO/Percasi)

WIM Chelsie tiba di Tanah Air setelah berjuang pada SEA Games Vietnam. Dia berhasil membawa pulang satu emas dan perak dalam pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga: Park Hang-seo Langsung Tebar Ancaman untuk Timnas Indonesia usai Raih Medali Emas SEA Games 2021

Medali emas dia raih pada hari terakhir pertandingan catur nomor kilat beregu, Sabtu (21/5/2022) bersama WIM Ummi Fisabilillah.

Kepastian Chelsie dan Ummi merebut emas ditentukan pada babak keempat atau babak terakhir ketika mereka menambah 1,5 poin lewat kemenangan meyakinkan atas Malaysia.

Satu poin disumbangkan Ummi yang menang atas WIM Puteri Munajjah Az-Zahraa Azhar dan tambahan 0,5 poin dari permainan remis Chelsie dengan WFM
Puteri Rifqah Fahada Azhar.

Dengan tambahan 1,5 poin itu, total poin yang dikumpulkan duet putri Indonesia menjadi 6,0 dari 4 babak. Mereka unggul satu poin dari tim Filipina yang harus puas dengan medali perak.

Sementara medali perak Chelsie diraih pada nomor catur kilat perseorangan. Dia harus puas meraih medali perak usai kalah dari wakil Vietnam IM Nguyen Pham Le Thao dengan ½ - 1 ½.

Baca Juga: Saksikan Perjuangan Timnas Indonesia di SEA Games 2021, Sandy Walsh Terharu

"Pada nomor perseorangan sedikit kecewa karena setelah remis pada babak pertama, saya kalah pada babak kedua setelah salah kalkulasi," ujar Chelsie.

Komentar