facebook

MotoGP Perlahan Berubah, Marc Marquez: Kini Motor Lebih Penting dari Pembalap

Cesar Uji Tawakal
MotoGP Perlahan Berubah, Marc Marquez: Kini Motor Lebih Penting dari Pembalap
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez melaju di MotoGP Prancis, di sirkuit Bugatti di Le Mans, barat laut Prancis, pada 15 Mei 2022. JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP

Marc berujar bahwa jika perkembangan akan terus seperti sekarang, maka kelak peran pembalap kalah penting dibanding motor.

Suara.com - Tak kunjung menemukan irama untuk berebut barisan terdepan, Marc Marquez menganggap bahwa MotoGP saat ini sudah berubah jauh dibandingkan dengan saat dirinya baru debut di tahun 2013.

Dilansir dari GP One, pembalap tim Repsol Honda ini mengatakan bahwa para pembalap kini lebih kesulitan untuk berduel dan melakukan overtake.

"Selalu ada pro dan kontra. Ada yang ingin motor lebih cepat, ada yang ingin fokus pada aerodinamika, tapi ini bukan pekerjaan kami (pembalap) karena semua orang punya ide," tutur Marc.

"Terserah pada pihak penyelenggara balap atau tim pabrikan untuk ke arah mana kompetisi ini akan dibawa, apakah untuk membuat motor semakin kencang atau fokus pada sisi hiburan," lanjutnya.

Baca Juga: Modifikasi BeAT Standar: Tanpa Bongkar Mesin, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Meraih Kecepatan Optimal

"Harus ada aturan terkait hal ini, saya setuju jika kami butuh lebih banyak perangkat karena motor semakin cepat, tapi toh orang-orang yang menonton di rumah tidak akan menyadarinya," imbuh pembalap Spanyol ini.

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani latihan Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (22/4/2022) (ANTARA/REUTERS/PATRICIA DE MELO MOREIRA)
Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani latihan Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (22/4/2022) (ANTARA/REUTERS/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Ia juga mengatakan bahwa dirinya lebih suka balapan yang lebih lambat namun lebih banyak adegan duel saling mendahului.

"Seperti yang telah sering saya bilang, saya lebih suka balapan dengan beberapa rombongan dan banyak overtake, mungkin motor lebih lambat namun ini tentu lebih menyenangkan untuk ditonton," kata Marc lagi.

"Mereka harus memutuskan apakah kompetisi ini akan dibawa lebih menghibur atau lebih cepat, akan ada risiko bahwa pembalap punya pengaruh lebih sedikit dibanding motor," pungkasnya.

Baca Juga: Aprilia Gandeng RNF Racing Jadi Tim Satelit di MotoGP 2023

Komentar