10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja

Madinah
10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja
Ilustrasi smartphone. [Shutterstock]

Dari sakit kepala hingga serangan stroke.

Suara.com - Dibandingkan dengan 10 tahun lalu, teknologi sudah berkembang pesat. Salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat adalah smartphone. Bukan hanya hadir dalam berbagai sistem operasi serta desain yang dibekali fitur inovatif, smartphone juga telah mengubah cara hidup kebanyakan penggunanya. Smartphone juga membuat orang dengan mudah terhubung ke dunia luar.

Secara sadar, perkembangan smartphone memang memudahkan hidup. Namun sadarkah Anda bahwa smartphone juga membawa dampak buruk, terutama bagi para remaja.  

Siapa yang tidak suka menggunakan smartphone? Bentuknya sederhana, tidak repot untuk dibawa, dan didukung banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan. Jika dulu spesifikasinya pas-pasan, sekarang smartphone memudahkan dalam bekerja berkat spesifikasinya yang mulai melebihi komputer. Berikut dampak buruk Smartphone bagi remaja.

1. Penglihatan Terganggu

Smartphone itu mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu? Jika mata terus-terusan menatap layar smartphone dalam waktu yang lama, misalnya chatting atau main game. Lama kelamaan penglihatan mata akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Untuk menjaga agar mata tetap sehat selama menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi Bluelight Filter. Meski demikian tetap hindari penggunaan smartphone secara berlebihan.

 2. Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya dianggap hanya efek kurang tidur. Padahal sebenarnya sakit kepala merupakan efek lanjutan dari terlalu lama melihat layar smartphone. Dampak buruk layar biru smartphone bagi remaja membuat jam biologis menjadi terganggu, salah satunya adalah pola tidur yang tidak sehat, sehingga menyebabkan sakit kepala.

3. Mengganggu Pendengaran

Dampak buruk smartphone bagi remaja selanjutnya adalah menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini bisa disebabkan akibat mendengarkan musik atau memutar video sambil menggunakan headphone. Mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone memang mengasyikan, apalagi di tengah keramaian atau sambil mengendarai motor agar tidak bosan. Tapi ingat, mendengarkan musik di smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu.

4. Kelainan Postur Tubuh

Usia remaja adalah usia yang gampang sekali merasa asyik terhadap sesuatu, tidak terkecuali memainkan smartphone. Saking asyiknya chatting dengan teman atau pacar, membuat mereka sering bungkuk-bungkukchatting sambil duduk menunggu sesuatu. Jika iya, segera hentikan jika tidak ingin nantinya bungkuk. Selain bungkuk, keseringan chatting di smartphone juga beresiko membuat jari kelingking bengkok.  

 5. Mengurangi Daya Tangkap Otak

Bukan hanya mempengaruhi fisik, dampak buruk smartphone bagi remaja juga berakibat fatal pada otak. Meski belum ada bukti ilmiah tentang dampak radiasi smartphone terhadap otak manusia, namun smartphone bisa membuat daya talar remaja menurun. Hal ini karena remaja yang sering menggunakan smartphone akan mengandalkan smartphonenya untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalaran, yakni merekam percakapan, mencari apa-apa di Google, dan lainnya. Dampaknya otak tidak dilatih untuk terbiasa mengingat sesuatu jika terus menerus mengandalkan smartphone, sehingga daya nalar pun berkurang.

6. Mengurangi Interaksi Sosial

Remaja sering janjian untuk ketemuan dengan teman lewat aplikasi chatting di smartphone. Saat bertemu di tempat yang dijanjikan, biasanya kamu bukannya asyik ngobrol dengan teman-teman, tapi malah sibuk dengan smartphone untuk bikin status Facebook, hingga membalas pesan yang masuk. Hasilnya interaksi dengan teman-teman pun berkurang. Bahkan tidak sedikit yang sampai lupa waktu dan asyik sendiri gara-gara main game di smartphone.

7. Mempertumpul Ingatan

Dengan smartphone membuat remaja menjadi mudah mengabadikan berbagai moment berharga dalam sebuah bingkai foto, Bahkan membagikannya ke Instagram, Facebook, Path, dan aplikasi sosial media lainnya pun bisa dilakukan dengan mudah. Namun, disadari atau tidak, kamu jadi bergantung dengan album yang kamu buat itu. Tanpa album foto tersebut, mereka kesulitan mengingat bagaimana serunya melakukan hal tertentu barsama teman-teman.

8. Menyebabkan Kecanduan

Sudah bukan rahasia jika smartphone bisa menyebabkan kecanduan. Ada yang mau beranjak tidur pun masih saja memainkan smartphone. Padahal banyak bahaya menggunak smartphone saat akan tidur.

9. Menyebabkan Obesitas

Saking asyiknya chatting dan streaming YouTube atau main game, remaja malas berolahraga. Tidak harus yang mahal sampe pergi ke tempat fitness, olahraga bisa cukup dengan lari. Apalagi sekarang Spotify sudah ada di Indonesia, olahraga lari pun semakin seru dengan Spotify. Jadi ayo olahraga biar gak kelebihan berat badan!

10. Penyakit Jantung dan Stroke Dini

Kata siapa penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur? Remaja yang sering memainkan smartphone sebelum tidur dan malas berolahraga pun beresiko terkena penyakit menyeramkan in. Kurangnya istirahat karena terus-terusan menggunakan smartphone menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil, ditambah dengan malas berolahraga akan semakin parah sehingga bisa mengakibatkan gagal jantung atau stroke.

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Nakoda terbaik dalam hidup adalah hanya diri sendiri, yang dapat meraih segala kesuksesan di dunia ini hanya diri kita sendiri, berlayarlah kemana arah angin akan membawa kita, namun jangan lupa bahwa hanya diri kita yang dapat menentukan segalanya.
.
.
-------
Follow @Suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
-------
.
.
#Suaradotcom #Infopenting #Infojakarta #beritahariini #Foto #QuotesOftheday

INFOGRAFIS