facebook

10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja

Madinah
10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja
Ilustrasi smartphone. [Shutterstock]

Dari sakit kepala hingga serangan stroke.

Suara.com - Dibandingkan dengan 10 tahun lalu, teknologi sudah berkembang pesat. Salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat adalah smartphone. Bukan hanya hadir dalam berbagai sistem operasi serta desain yang dibekali fitur inovatif, smartphone juga telah mengubah cara hidup kebanyakan penggunanya. Smartphone juga membuat orang dengan mudah terhubung ke dunia luar.

Secara sadar, perkembangan smartphone memang memudahkan hidup. Namun sadarkah Anda bahwa smartphone juga membawa dampak buruk, terutama bagi para remaja.  

Siapa yang tidak suka menggunakan smartphone? Bentuknya sederhana, tidak repot untuk dibawa, dan didukung banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan. Jika dulu spesifikasinya pas-pasan, sekarang smartphone memudahkan dalam bekerja berkat spesifikasinya yang mulai melebihi komputer. Berikut dampak buruk Smartphone bagi remaja.

1. Penglihatan Terganggu

Smartphone itu mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu? Jika mata terus-terusan menatap layar smartphone dalam waktu yang lama, misalnya chatting atau main game. Lama kelamaan penglihatan mata akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Untuk menjaga agar mata tetap sehat selama menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi Bluelight Filter. Meski demikian tetap hindari penggunaan smartphone secara berlebihan.

 2. Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya dianggap hanya efek kurang tidur. Padahal sebenarnya sakit kepala merupakan efek lanjutan dari terlalu lama melihat layar smartphone. Dampak buruk layar biru smartphone bagi remaja membuat jam biologis menjadi terganggu, salah satunya adalah pola tidur yang tidak sehat, sehingga menyebabkan sakit kepala.

3. Mengganggu Pendengaran

Dampak buruk smartphone bagi remaja selanjutnya adalah menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini bisa disebabkan akibat mendengarkan musik atau memutar video sambil menggunakan headphone. Mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone memang mengasyikan, apalagi di tengah keramaian atau sambil mengendarai motor agar tidak bosan. Tapi ingat, mendengarkan musik di smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu.

4. Kelainan Postur Tubuh