Serial Orisinal Bantu Netflix Gaet Jutaan Pelanggan Baru

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Serial Orisinal Bantu Netflix Gaet Jutaan Pelanggan Baru
Seorang pengguna sedang mengakses Netflix melalui ponsel pintar (Shutterstock).

Pelanggan Netflix secara global bertambah hingga 3,2 juta orang di kuartal ketiga.

Suara.com - Netflix sukses merayu jutaan pelanggan baru pada kuartal ketiga berkat kepopuleran serial-serial orisinil mereka. Beberapa serial yang dirilis pada periode tersebut di antara ialah "Stranger Things" yang baru memasuki musim pertama dan "Narcos" yang sudah di musim kedua.

Sepanjang kuartal ketiga (Juli-September) 2016, pelanggan Netflix secara global bertambah hingga 3,2 juta orang. Jumlah tersebut, tulis Reuters pada Selasa (18/10/2016), melebihi rata-rata perkiraan para analis yakni 2,01 juta orang.

Prestasi ini sekaligus membalikkan keadaan di kuartal kedua, saat Netflix mengalami penambahan jumlah pelanggan yang sangat buruk.

Lebih lanjut, dari total pelanggan baru di kuartal ketiga, sebanyak 370 ribu di antaranya datang dari Amerika Serikat. Angka ini melebihi prediksi lembaga riset FactSet StreetAccount yang memperkirakan 309 ribu orang.

Pencapaian Netflix di Juli-September,  khususnya di AS, melebihi ekspektasi. Pasalnya, penyedia konten video streaming ini memang menghadapi  perlambatan penambahan pelanggan di AS.

Pasar yang sudah matang, tarif langganan yang makin mahal, hingga munculnya kompetitor-kompetitor baru di Negeri Paman Sam seperti Hulu dan Amazon menjadi penyebabnya.

"Netflix telah berhasil mengatasi tantangan dari kenaikan harga yang mereka lakukan," ucap lembaga riset Conlumino dalam keterangan resminya.

Salah satu strategi Netflix untuk menarik pelanggan anyar ialah memperbanyak serial-serial orisinal yang bersifat eksklusif. Pada tahun depan, mereka menyiapkan dana hingga 6 miliar dollar AS (Rp78,13 triliun) untuk konten, lebih besar 1 miliar dollar AS (Rp13,02 triliun).

Netflix pun memperbesar pasarnya dengan menjamah lebih dari 130 negara. Netflix percaya diri pada tahun depan dapat mulai menghasilkan profit secara global meski dengan penambahan dana untuk konten.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS