Bill Gates Sudah Ramal Kehadiran Netflix dan Facebook Sejak 1994

Arsito Hidayatullah | Insan Akbar Krisnamusi
Bill Gates Sudah Ramal Kehadiran Netflix dan Facebook Sejak 1994
Bill Gates. (Shutterstock)

Gates sudah lama yakin, internet akan mengubah cara orang mendapatkan informasi dan mengambil keputusan.

Suara.com - Layanan streaming video, apalagi media sosial seperti Netflix serta Facebook, kini semakin banyak jumlahnya. Ternyata, Bill Gates sudah meramalkan bahwa hal ini akan terjadi, dan ia melakukan hal itu pada 1994 di Majalah Playboy.

Internet pada tahun 1994 masihlah menjadi suatu hal yang misterius dan menarik perhatian banyak orang. Majalah Time saat itu pernah menulis artikel soal internet, dan masih harus menjelaskan definisinya di awal paragraf.

Internet pada tahun itu masih banyak digunakan hanya di kalangan ilmuwan, akademisi, meski komputer sudah mulai menjadi hal umum di masyarakat. Di era seperti itulah, menurut Business Insider pada Sabtu (4/3/2017), Gates sudah meramalkan kemunculan hal-hal seperti Netflix, termasuk juga Facebook.

Pendiri Microsoft ini, dalam suatu wawancara dengan Playboy saat itu, mengatakan bahwa penggunaan komputer personal kelak akan bergeser dari sekadar membuat dokumen-dokumen kerja, menjadi perangkat berbagi plus mengakses media elektronik melalui laman daring.

Ia sudah memperkirakan perilaku berinternet orang-orang, persis seperti yang terjadi saat ini. Menurut Gates saat itu, internet akan mengubah cara orang mendapatkan informasi dan mengambil keputusan.

"Katakanlah, misalnya, Anda ingin menonton film. Untuk memilihnya, Anda bakal ingin mengetahui dulu film apa yang telah ditonton dan disukai orang lain. Anda akan dapat mem-browse informasi itu. Lalu, Anda akan mampu pula memilih, plus mendapatkan video berdasarkan kemauan (via internet). Anda kelak juga bisa berbagi komentar menonton," papar dia.

Gates, salah satu orang terkaya dunia, memperkirakan pula saat itu bahwa nantinya bisa tercipta komunitas-komunitas virtual tanpa batas dengan menggunakan platform internet.

"Anda bisa menemukan orang-orang dengan ketertarikan yang sama, lalu Anda bisa memilih dokter saat berobat, atau memutuskan buku mana yang akan Anda baca," tutur dia.

"Saat ini (1994), Anda dibatasi hanya pada komunitas berbentuk fisik di sekitar Anda. Tapi, di lingkungan yang baru (internet), dengan segala informasi yang disimpan dan diakses di dalamnya, komunitas itu akan berkembang. Ini (internet) akan memperkuat komunitas. Infrastruktur pendukung internet akan dibangun dengan cepat, dan efeknya akan amat sangat luas dan jauh," papar Gates dalam "ramalannya" itu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS