Survei: Pengguna Lebih 'Betah' Pakai WeChat dari Facebook

Dythia Novianty
Survei: Pengguna Lebih 'Betah' Pakai WeChat dari Facebook
Logo Wechat (mobilegeeks.de)

Pengguna aktif bulanan WeChat telah menghabiskan waktu selama empat jam lebih per hari.

Suara.com - WeChat digunakan sebagai sarana aplikasi komunikasi dan berkembang menjadi salah satu gaya hidup yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan hasil dari survei Penguin Intelligence, mengenai media sosial yang digandrungi mayoritas masyarakat Cina itu.

Pada 2016, sepertiga dari 889 juta pengguna aktif bulanan WeChat telah menghabiskan waktu selama empat jam lebih per hari untuk aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Holdings Limited itu.

Saat ini, rata-rata waktu harian yang dihabiskan WeChat telah mencapai 66 menit. Lama waktu ini melampaui waktu harian untuk Facebook yang hanya 50 menit. Survei tersebut dipublikasikan People's Daily di Beijing.

WeChat menjadi lebih familiar dibandingkan sebelumnya karena merambah semua aspek kehidupan, mulai dari alat pembayaran hingga mendapatkan asupan pemberitaan.

Baca Juga: Microsoft Ingin Membuat Aplikasi Super Mirip WeChat, Siap Bersaing dengan Google dan Apple

Hampir semua sistem pembayaran di Cina saat ini menggunakan sarana WeChat di telepon seluler, termasuk gerai-gerai bertaraf internasional menggunakannya sebagai alat transaksi dengan masyarakat setempat.

Sekitar 92 persen responden mengaku, lebih menyukai pembayaran menggunakan ponsel daripada pembayaran tunai atau kartu kredit saat berbelanja di sejumlah toko swalayan.

Cepat, nyaman, dan tidak perlu repot-repot membawa uang tunai merupakan tiga alasan terbesar penggunaan "mobile wallet" itu untuk pembelian tiket bioskop dan pembayaran kebutuhan lainnya.

WeChat juga telah mengubah perilaku masyarakat dalam mendapatkan informasi. Akun publik WeChat yang memungkinkan perusahaan media, industri blogger, dan lainnya memasok kandungan informasi secara cepat telah menjadi daya tarik tersendiri.

Hampir 60 persen pengguna WeChat bersedia memberikan kiat-kiat kandungan pesan yang bagus. Sekitar 45 persen dari pengguna WeChat dilaporkan memiliki lebih dari 200 kontak, naik dari beberapa tahun sebelumnya yang hanya 10 persen.

Baca Juga: 11 Aplikasi Chat Alternatif saat WhatsApp Down, Kirim Pesan dan Vidcall Tak Terganggu

Lebih dari 80 persen mampu menyelesaikan pekerjaan kantornya melalui WeChat mulai dari memindahkan file dan mengoordinasikan tugas hingga berkomunikasi secara visual dan melakukan transaksi.