alexametrics

Line Creativate 2017 Tampung 17 Ribu Kreasi Milenial Indonesia

Chaerunnisa | Insan Akbar Krisnamusi
Line Creativate 2017 Tampung 17 Ribu Kreasi Milenial Indonesia
Kompetisi karya kreatif digital Line Creativate 2017 bertema 'Indonesia Unjuk Kreatif' menerima lebih dari 17 ribu karya yang dibuat oleh generasi milenial Indonesia. (Suara.com/Insan)

Selama hampir dua bulan, Line Creativate 2017 menampung 17 ribu kreasi generasi milenial.

Suara.com - Kompetisi karya kreatif digital Line Creativate 2017 bertema "Indonesia Unjuk Kreatif" setelah dibuka pertama kali pada Agustus lalu akhirnya sampai di puncak acara, Jumat (27/10/2017). Selama hampir dua bulan, Line mengklaim telah menerima lebih dari 17 ribu karya yang dibuat generasi milenial Indonesia.

Klimaks pagelaran Line Creativate 2017 ditandai dengan pameran dan seminar yang berlangsung pada 27-29 Oktober di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka. Di hari perdana pameran, Line juga mengumumkan para pemenang dari empat kategori kompetisi, yaitu Line Webtoon, Line Stickers, Line Chatbot (Game), Line Chatbot (Utility).

Line Creativate sudah digelar tiga kali di Tanah Air. Line Creativate 2017 kembali didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Dengan lebih dari 17 ribu kreasi yang masuk, terbukti, Line Creativate 2017 kembali menjadi kompetisi kreativitas digital di Indonesia," kata Managing Director Line Indonesia, Dale Kim, di hari pembuka pameran.

Baca Juga: Bos Line Indonesia Mundur, Bergabung ke Grab

Adapun jumlah tersebut meningkat 12 persen dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya. Kim mengatakan, ekonomi kreatif digital merupakan masa depan Indonesia dan Line berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah mengembangkan serta menyediakan platform kreatif bagi para kreator lokal.

"Di era digital ini, industri kreatif merupakan salah satu pilar yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Industri ini dapat menciptakan sumber daya manusia kompeten serta lapangan kerja baru," ungkapnya.

Kepala BeKraf, Triawan Munaf, menilai Line Creativate sejalan dengan salah satu visi dan misi pemerintah untuk membangun industri kreatif, termasuk di bidang desain grafis, animasi, teknologi, juga pengembangan aplikasi.

"Melalui ajang-ajang seperti Line Creativate, kami berharap para talenta lokal yang tersebar di seluruh Indonesia dapat terinspirasi mengembangkan dan memonetisasi karya mereka sekaligus berinovasi, berekspansi, dan berkontribusi dalam mengembangkan potensi diri serta menjadi bagian dari revolusi generasi kreatif di Indonesia," ujar Triawan.

Baca Juga: Jumlah Pembeli Online Indonesia Ternyata Sebanyak Ini

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Septriana Tangkary, dalam kata sambutannya, menegaskan bahwa pemerintah siap mendukung industri kreatif digital dengan membangun infrastruktur semisal broadband di Barat, Tengah, Timur Indonesia. Pemerintah kini juga telah meluncurkan program "Sejuta Startup Nasional".