Face ID iPhone X Bikin Perempuan Ini Pusing Bukan Main, Kenapa?

Ruben Setiawan
Face ID iPhone X Bikin Perempuan Ini Pusing Bukan Main, Kenapa?
Dua perempuan bisa buka Face ID iPhone X yang sama. (AsiaOne)

Diganti yang baru, hal yang sama terjadi kembali.

Beberapa waktu lalu, sempat beredar berita yang menyebutkan bahwa pasangan kembar identik dapat membuka kunci Face ID pada iPhone X. Kini, ada dua perempuan yang bukan saudara, apalagi kembar, yang mengklaim bisa membuka Face ID di iPhone X yang sama.

Seperti dilansir Asia One, seorang bernama Yan, perempuan asal Nanjing, Cina, baru-baru ini membeli ponsel flagship keluaran Apple berharga mahal itu. Namun, betapa terkejutnya ia ketika seorang rekannya yang bernama Wan, dapat membuka kunci layar iPhone X nya dengan Face ID.

Dalam video Juangsu Broadcasting Corporation, meski Yan sudah menyetel ulang pengaturan fitur pengenal wajah iPhone X berulang kali, sang rekan, Wan, masih saja bisa membuka ponselnya. 

Ketika Yan pertama kali menghubungi layanan hotline Apple untuk melaporkan masalah tersebut, staf Apple mengatakan bahwa apa yang ia laporkan sungguh mustahil terjadi. Lantas, Yan beranjak mendatangi toko Apple terdekat untuk menunjukkan temuannya.

Benar saja, setelah dicoba berulang kali, Yan bisa membuka kunci Face ID iPhone X dengan wajah siapa saja yang disetel sebagai pemiliknya.

Mengutip keterangan pihak toko kepada South China Morning Post, kamera iPhone X Yan yang dituding menjadi masalahnya. Pihak toko pun memberikan iPhone X yang baru sebagai pengganti.

Namun, Yan mengalami masalah yang sama dengan iPhone X barunya. Tidak diketahui apakah Yan mendapat penggantian iPhone X lagi setelah itu.

Insiden ini menimbulkan kekhawatiran mengenai keamanan data. Pasalnya, fitur otentikasi dengan pengenal wajah juga bisa dipakai sebagai alat otorisasi pembelian online.

Namun, di sisi lain, jika memperhatikan video di atas, siapapun setuju bahwa kedua perempuan itu, Yan dan Wan, memang mirip dan seperti saudara. Jadi, bisa jadi, bukan tidak mungkin keduanya sama-sama bisa membuka kunci Face ID di iPhone X yang sama. 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS