Begini Rencana XL Axiata Jelang Memasuki Teknologi Jaringan 5G

Dythia Novianty
Begini Rencana XL Axiata Jelang Memasuki Teknologi Jaringan 5G
Jumpa pers XL Axiata di Jakarta, Selasa (13/2/2018). [Suara.com/Dythia Novianty]

XL Axiata akan lebih gencar mengembangkan layanan jaringan 4,5G, sebagai tahapan persiapan sebelum memasuki jaringan teknologi 5G.

Suara.com -  

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memiliki beberapa strategi bisnis memasuki tahun 2018. Diantaranya operator ini akan lebih gencar mengembangkan layanan jaringan 4,5G.

Hal ini diungkapkan Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, Yessie D Yosetya. Menurutnya, sebelum memasuki ke teknologi jaringan 5G, yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu, di tahun 2018 layanan 4,5G akan semakin diperluas.

"Ke depannya jaringan 4,5G kian ditingkatkan XL baik dengan teknologi 4T4R 4x4 MIMO, 256QAM, dan carrier aggregation, penambahan BTS dan virtualisasi network, serta peningkatan multilayer mobile backhaul," katanya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Sebagai tahap awal, dia menambahkan, jaringan 4,5G akan dihadirkan di kota-kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Bali.

Jumpa pers XL Axiata di Jakarta, Selasa (13/2/2018). [Suara.com/Dythia Novianty]

Foto: Jumpa pers XL Axiata di Jakarta, Selasa (13/2/2018). [Suara.com/Dythia Novianty]

"XL akan membangun 10 sampai 12 ribu BTS tahun ini, dari jumlah itu 25 persennya BTS berteknologi MIMO," terang Yessie.

Namun, ditambahkannya, buat masyarakat yang ingin menjajal kecepatan dan kestabilan layanan 4,5G bisa mencoba ke 20 XL Center yang sudah dilengkapi dengan teknologi 4,5G.

"Jadi masyarakat bisa tahu bedanya teknologi 4G dengan 4,5G," ujar dia.

Bukan tanpa alasan, teknologi jaringan 4,5G sebagai salah satu strategi bisnis XL Axiata sebagai komitmennya memenuhi layanan internet dan data yang cepat dan stabil bagi pengguna layanan data.

Yessie pun memaparkan, total populasi Indonesia saat ini 265 juta, sebanyak 133 juta atau hampir 50 persen di antaranya adalah pengguna internet dan 106 juta merupakan pengguna aktif media sosial. Dalam dua tahun terakhir, traffic data terus meningkat hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148% YoY.

Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32 persen dari capaian tahun lalu.

Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73 persen, seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan Data dan pembangunan jaringan data di berbagai wilayah.

Tahun ini, XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE.

Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT, XL Axiata akan mengalokasikan 9 persen dari anggaran belanja modal (Capex) tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp7 triliun.

Sebagai informasi pada tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Ketika Ahok kesal akibat banyaknya orang yang tak peduli terhadap sesama, inilah yang dikatakannya! .
.
.
Simak berita selanjutnya : www.suara.com .
----
Follow @suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
----
.
.
.
#Suaradotcom #hotinfo #Jakarta #hotnews #beritapilihan #beritapopuler #beritaterkini 
#QuotesOfTheDay #basukitjahjapurnama #ahok #kutipanahok

INFOGRAFIS