Peneliti Menemukan Pabrik Tertua di Dunia

Dythia Novianty
Peneliti Menemukan Pabrik Tertua di Dunia
Ilustrasi pabrik tua. [Shutterstock]

Para peneliti mengatakan mereka telah menemukan tempat pembuatan bir tertua di dunia.

Suara.com - Para peneliti mengatakan mereka telah menemukan tempat pembuatan bir tertua di dunia, dengan sisa bir berusia 13.000 tahun, di gua prasejarah dekat Haifa, Israel.

Penemuan ini dilakukan ketika mereka sedang mempelajari situs pemakaman bagi pemburu-pengumpul semi-nomaden. Asal muasal bir diperkirakan berusia 5.000 tahun, tetapi penemuan terbaru mungkin mengubah sejarah bir.

Temuan itu juga menunjukkan, bir tidak selalu merupakan produk sampingan dari pembuatan roti seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Para peneliti mengatakan, mereka tidak dapat mengetahui mana yang lebih dulu, dalam terbitan Oktober dari Jurnal Ilmu Arkeologi: Laporan itu berisi bahwa bir disarankan diseduh untuk pesta-pesta ritual untuk menghormati orang mati.

"Ini menyumbang catatan alkohol buatan manusia tertua di dunia," Li Liu, seorang profesor Universitas Stanford yang memimpin tim peneliti, mengatakan kepada Stanford News.

Liu mengatakan, mereka mencari petunjuk tentang makanan nabati apa yang orang-orang Natufia, yang hidup di antara periode Paleolitik dan Neolitik, sedang makan, dan selama pencarian mereka menemukan jejak-jejak alkohol berbasis gandum dan gandum.

Jejak yang dianalisis ditemukan di batu mortir, hingga 60cm (24in) yang diukir dengan mendalam ke lantai gua, digunakan untuk menyimpan, menumbuk dan memasak berbagai jenis tanaman, termasuk oat, kacang-kacangan dan serat kulit pohon, seperti rami.

Minuman kuno, yang lebih banyak bubur atau seperti bubur, dianggap tidak sama dengan apa yang kita kenal sebagai bir hari ini.

Tim peneliti telah berhasil menciptakan kembali minuman kuno untuk membandingkannya dengan residu yang mereka temukan.

Ini yang pertama kali melibatkan biji-bijian untuk menghasilkan malt, kemudian memanaskan mash dan memfermentasi dengan ragi liar, kata studi tersebut. Minuman keras kuno difermentasi tetapi mungkin lebih lemah dari bir modern. [BBC]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS