Studi: Bumi Rupanya Punya Dua Bulan Lain

Liberty Jemadu
Studi: Bumi Rupanya Punya Dua Bulan Lain
Foto permukaan Bulan dengan latar belakang Bulan yang dipotret misi Lunar Orbiter pada 23 Agustus 1966. [NASA]

Dua bulan itu terbuat dari debu, sehingga sangat sukar dilihat.

Suara.com - Bumi rupanya tak hanya memiliki satu buah Bulan, karena sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa planet kita memiliki dua satelit natural lain, tetapi dalam bentuk debu.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society edisi November, sejumlah ilmuwan dari Hongaria mengemukakan bahwa ada dua "bulan debu" yang secara teratur mengitari Bumi, sama seperti bulan yang hampir setiap malam kita nikmati.

Tetapi karena berupa debu, dua satelit natural Bumi itu sangat sukar dilihat. Dua bulan debu yang menyerupai awan itu itu berjarak sekitar 400.000 kilometer dari Bumi dan sebenarnya sudah diduga keberadaanya oleh astronom Polandia, Kazimierz Kordylewski pada 1961.

Kini dua bulan debu itu dinamai awan-awan Kordylewski.

"Awan-awan Kordylewski adalah dua objek yang sangat sukar ditemukan dan meski sangat dekat dengan Bumi, sama seperti bulan, mereka sering diabaikan oleh para peneliti," kata Judit Sliz-Balogh salah satu peneliti dalam studi itu.

"Kami sangat tergelitik mengetahui bahwa planet kita rupanya memiliki satelit-satelit pseudo di orbit, bersama-sama dengan bulan," lanjut dia seperti dilansir media Australia, ABC.

Dua satelit berbentuk kumpulan debu antariksa itu ditemukan oleh Sliz-Balogh dkk menggunakan lesa kamera, yang dipasangi sistem filter polarizer. Dengan filter itu, mereka berhasil menangkap cahaya yang terpolarisasi dari debu-debu itu.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS