Kursi Roda dan Disertasi Stephen Hawking Laku Rp 14,6 Miliar

RR Ukirsari Manggalani
Kursi Roda dan Disertasi Stephen Hawking Laku Rp 14,6 Miliar
Stephen Hawking [Shutterstock].

Hasilnya untuk badan penelitian sang profesor dan wadah pengkajian penyakit motor neuron.

Suara.com - Satu kursi roda bermotor yang pernah digunakan oleh fisikawan Inggris, Stephen Hawking dan disertasinya berhasil laku dalam sebuah lelang amal, kemarin (8/11/2018) dengan nilai 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 14,6 miliar. Demikian dilansir dari kantor berita Reuters.

Di balai lelang Christie's, London, Inggris, kursi roda berwarna merah milik Stephen Hawking laku senilai GBP 300.000 atau 391,740.00 dolar AS, sedangkan disertasinya bahkan terjual hampir dua kali lipat dari nilai awal yang ditawarkan.

Bertajuk Properties of Expanding Universes, ditulis pada 1965 oleh Professor Hawking dan terdiri atas 115 halaman, harga tetapan awal adalah GBP 150.000 dan laku di angka GBP 584.750.

Wafat dalam usia 76 tahun pada 14 Maret 2018 akibat menderita motor neuron, fisikawan yang kisahnya dituangkan ke layar lebar dengan aktor Benedict Cumberbatch memerankan dirinya, Stephen Hawking tenar akan karya-karya ilmiah menyoal penjelajahan alam semesta.

Dua benda milik Stephen Hawking ini dilelang Christie's dalam bentuk online sepanjang sembilan hari, bertajuk On the Shoulders of Giants, dan uang yang terkumpul akan digunakan untuk Stephen Hawking's Foundation dan Asosiasi Penyakit Motor Neuron.

"Stephen Hawking adalah sosok dengan kepribadian yang begitu besar, dan berkemampuan luar biasa untuk senantiasa terhubung dengan semua orang," demikian disampaikan Thomas Venning, salah satu pengurus balai lelang Christie's. [Antara]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS