Transformasi Digital Semakin Menggurita di Industri Kesehatan

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Transformasi Digital Semakin Menggurita di Industri Kesehatan
Kerja sama T System dan SAP dalam pengembangan transformasi digital di Jakarta. [SAP]

Industri kesehatan tengah menghadapi evolusi ketiga gelombang teknologi informasi digital.

Suara.com - Industri kesehatan tengah menghadapi evolusi ketiga gelombang teknologi informasi digital. Transformasi digital dengan pesat mentransformasi industri kesehatan.

Pemimpin industri kesehatan perlu menerapkan teknologi baru untuk menciptakan relasi yang lebih berarti dan mendalam. Selain itu, para pemain di industri kesehatan juga perlu mengimplementasikan beragam aplikasi dan teknologi yang memungkinkan otomatisasi lebih efisien, pengambilan keputusan yang lebih baik, konektivitas yang lebih kuat dengan pelanggan dan pihak eksternal lainnya, dan juga inovasi berbasis data yang lebih canggih.

Menurut Arkadiusz Czopor, Managing Director untuk T-Systems Asia South, di era masyarakat modern, konsumen membutuhkan layanan kesehatan yang dapat dipersonalisasi. Mulai dari diagnosa kesehatan, bimbingan pencegahan penyakit secara transparan hemat biaya dengan penyimpanan dan infrastruktur penagihan yang aman.

"Kuncinya pemberdayaan pasien adalah salah satu pengaruh utama yang mampu mendorong industri kesehatan untuk menjadi siap digital di seluruh rantai bisnis," kata Arkadiusz, di Jakarta.

Dia menambahkan, berdasarkan survei 2017 Bain & Company, dari 172.000 pelanggan di 20 negara Eropa, lebih dari 60 persen pelanggan asuransi menyatakan tertarik untuk memiliki asuransi yang menawarkan layanan kesehatan di luar penawaran asuransi standar. Dengan adopsi cepat dari pengguna IoT (Internet of Things), aplikasi berjalan dan layanan telehealth, mendorong penyedia asuransi kesehatan untuk beralih dari membayar tapi juga memberikan kualitas layanan yang lebih baik.

T-Systems menggandeng SAP Indonesia untuk memberikan solusi kesehatan terpadu bagi para pemain industri kesehatan di Indonesia. Eka Hospital, menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mengimplementasikan solusi SAP Healthcare, logistik dan manajemen keuangan dengan T-Systems.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk penerapan model proses sistem yang selaras dengan seluruh rumah sakit dan klinik EKA.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS