Kursi Roda Mendiang Stephen Hawking Terjual Seharga Rp 5,7 Miliar

Liberty Jemadu
Kursi Roda Mendiang Stephen Hawking Terjual Seharga Rp 5,7 Miliar
Fisikawan Inggris, Stephen Hawking berbicara kepada para peserta sebuah acara di Hong Kong dari kantornya di Cambridge, Inggris. Ia dalam acara itu tampil dalam wujud hologram. (AFP/Anthony Wallace)

Stephen Hawking wafat pada Maret lalu di usia 76 tahun.

Suara.com - Kursi roda yang biasa digunakan mendiang Stephen Hawking, fisikawan ulung Inggris, laku terjual seharga 300.000 pound sterling atau sekitar Rp 5,7 miliar (1 pound sterling di Rp Rp 19.146), demikian diumumkan rumah lelang Christie's Kamis (8/11/2018).

Sebenarnya dalam lelang yang digelar secara online itu, kursi roda bermotor yang digunakan Hawking sejak lumpuh akibat penyakit syaraf pada akhir dekade 1860an itu diperkirakan laku di harga 15.000 pound sterling.

Hasil penjualan kursi roda yang digunakan Hawking sampai wafat pada Maret lalu itu akan disumbangkan ke yayasan amal Stephen Hawking Foundation dan Motor Neurone Disease Association.

Sementara itu tesis Hawking dari tahun 1965, yang berjudul "Properties of Expanding Universes" laku terjual di harga 584.750 pound sterling, sekitar Rp 11,2 miliar dalam lelang yang sama.

Kursi roda dan tesis itu sendiri merupakan dua dari 22 harta milik Hawking yang dilelang di Christie's.

Didiagnosa mengidap penyakit syaraf pada usia 22 tahun dan diperkirakan hanya akan bertahan hidup selama dua tahun, Hawking wafat pada Maret lalu di usia 76 tahun.

Ia disebut sebagai salah satu ilmuwan terhebat yang pernah hidup berkat sumbangsihnya dalam ilmu fisika, khususnya tentang asal-muasal alam semesta. (AP)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS