Sempat Hilang Ditelan Bumi, Kota Ini Muncul Kembali

Agung Pratnyawan
Sempat Hilang Ditelan Bumi, Kota Ini Muncul Kembali
Bangunan misterius El Palenque, Meksiko. [Elsa Redmond and Charles Spencer]

Ada 5 kota yang sempat hilang dan kembali muncul secara misterius.

Suara.com - Jauh sebelum peradaban manusia modern, tentu ada kehidupan sebalumnya yang hilang secara misterius. Anehnya, ada beberapa kota yang hilang ditelan Bumi, kembali muncul secara misterius.

Pada kasus tertentu, kota yang hilang ini tidak bisa ditemukan lagi. Namun, dalam kasus yang berbeda, ada 5 kota yang sempat hilang dan kembali muncul secara misterius.

Baca Juga : Superdeep Borehole, Lubang Terdalam Buatan Manusia yang Misterius

Berikut beberapa di antaranya.

1. Urkesh, Kota Hurria

Ilustrasi. (pixabay/skitterphoto)
Ilustrasi. (pixabay/skitterphoto)

Urkesh dulunya adalah kota utama dalam peradaban Hurria. Dalam mitologi, kota ini disebutkan sebagai tempat asal dewa primordial.

Kota ini dulunya ada pada 4.000 dan 1.300 SM dan menjadi pusat politik dan keagamaan, sekaligus menjadi tempat singgah rute perdagangan utara-selatan antara Anatolia dan kota-kota di Suriah dan Mesopotamia.

Baca Juga : Terekam Kamera Objek Misterius di Langit, UFO?

Urkesh menjadi ibukota kerajaan dan berkuasa atas dataran tinggi di bagian utara yang sekaligus menjadi penghasil tembaga yang membuat kota menjadi kaya.

Setelah tanpa alasan jelas menghilang, pada 1980-an, para ahli arkeologi sukses menemukan Tell Mozan yang menjulang tinggi. Tidak mendapat perhatian serius, satu dekade kemudian, para peneliti lalu menyadari bahwa Tell Mozan tersebut adalah Urkesh, kota yang hilang.

2. Kerajaan Mistis Wales

Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)

Sekitar abad ke-6 berdiri sebuah kerajaan legendaris yang dikenal sebagai Cantre'r Gwaelod yang diperintahkan oleh seorang raja bernama Gwyddno Garanhir.

Menurut legenda, kerajaan ini menghilang ketika seorang dukun wanita peri sumur bernama Mererid menenggelamkannya.

Baca Juga : Bikin Heboh, Bola Api Misterius Terbang di Langit

Beberapa dekade setelah kejadian tersebut, secara misterius, muncul hutan prasejarah di tengah cuaca buruk di Cardigan Bay, bagian barat Wales. Banyak yang lalu percaya jika tempat tersebut adalah Cantre'r Gwaelod yang legendaris.

Berbagai penelitian lalu dilakukan, para peneliti menemukan jalur pejalan kaki dengan sejumlah tiang, fosil jejak kaki manusia dan hewan, hingga sejumlah perkakas buatan manusia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS