Google Ajukan Paten Sepatu Roda Bermotor dengan Teknologi VR

Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Google Ajukan Paten Sepatu Roda Bermotor dengan Teknologi VR
Ilustrasi seorang lelaki sedang menggunakan kacamata virtual reality. [Shutterstock]

Sepatu roda dengan teknologi VR ini memungkinkan kamu berjalan tanpa menabrak tembok.

Suara.com - Membawa teknologi AR dan VR ke level selanjutnya, Google mengajukan permohonan paten pada "Augmented And/Or Virtual Reality Footwear" pada bulan Mei dan aplikasi tersebut dipublikasikan minggu lalu. Sesuai dengan namanya, perangkat tersebut merupakan sepatu roda yang disematkan dengan teknologi VR dan AR.

Dilansir dari The Verge, motorized footware milik Google itu tampak seperti sepasang sepatu roda dengan treadmill. Untuk menggunakannya, pengguna harus memakai headset VR lalu disambungkan ke VR/AR Footwear. Dengan bantuan teknologi AR, pengguna akan merasa seperti berjalan di lanskap VR tanpa perlu khawatir menabrak benda-benda di sekitarnya, karena sepatu tersebut akan menahan gerakan jika jarak pengguna terlalu dekat dengan benda tertentu.

Secara teoritis, pengguna dapat memakai sepatu ini untuk berjalan dengan jarak yang tak terbatas dalam lanskap yang ditampilkan VR, bahkan di ruangan kecil sekalipun. Permukaannya yang fleksibel akan memberi pengguna kesan seperti sedang meluncur di lantai dan perangkat tersebut memiliki tapak omnidirectional yang dapat menarik pengguna kembali ke tempat semula bahkan setelah pengguna berbalik atau berjalan mundur.

Namun, realisasi sepatu roda bermotor ini tidak mudah. Google harus memastikan teknologinya mampu menjaga keseimbangan penggunanya setiap saat, meskipun kehadiran sepatu ini bisa sangat membantu untuk game eksplorasi yang lebih kecil, di mana pengguna dapat berjalan dengan jarak yang lebih realistis dengan kecepatan yang lebih lambat. Sementara itu, untuk saat ini Google masih belum memberikan komentar atau tanggapan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS