Wah, Peneliti Temukan Kawah Putih Berisi Es di Planet Mars

Silfa Humairah Utami
Wah, Peneliti Temukan Kawah Putih Berisi Es di Planet Mars
Ilustrasi penemuan es oleh Mars Express di planet Mars. (NASA)

Apa hal baru soal es yang ditemukan Mars Express dari Planet Mars?

Suara.com - Mars Express dari Badan Antariksa Eropa telah kembali ke bumi setelah bertualang di Planet Mars dengan membawa berita baru.

Dari "petualangannya" tersebut, pesawat luar angkasa ini membawa oleh-oleh berupa dari serangkaian gambar yang belum pernah terlihat di Mars sebelumnya, yaitu kawah besar berisi es.

Kawah yang diberi nama Korolev ini bukan sembarang kawah. Memiliki luas 50 mil atau 82 km dan ditemukan di sebelah utara planet Mars, area tengah kawah juga dipenuhi dengan bongkahan es.

Badan Antariksa Eropa sendiri mengklaim bahwa gambar tersebut merupakan bukti dari kawah Mars yang terpelihara dengan baik karena suhunya yang dingin. Data lainnya yang dibawa Mars Express yaitu mengenai ketebalan es pada Kawah Korolev yang mencapai 1,8 km!

Meskipun es bukan hal baru yang ditemukan di Planet Mars, namun karena lokasi es yang berada di dalam kawah memicu minat yang besar bagi para peneliti. Pasalnya, permukaan kawah yang terselimuti es ini kembali menimbulkan spekulasi adanya kehidupan di 'Planet Merah' dilansir Dailymail.

Lantai kawah yang terbentang hampir dua kilometer di bawah permukaan es, suhunya tentu saja di bawah titik beku. Karena kawahnya cukup dalam, daerah terendah akan bertindak sebagai perangkap dingin alami yang memungkinkan udara bergerak di atas endapan es menjadi dingin dan tenggelam, sehingga menciptakan lapisan udara dengan suhu dingin.

Dengan langkah besar yang dibuat oleh para peneliti di dunia sains dan misi yang tak terhitung jumlahnya sedang berlangsung di Mars, hasil ekspedisi Mars Express ini turut menemukan area baru, suhu, dan kemampuan iklim yang dimiliki planet ini.Tivan Rahmat

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS