Peneliti Temukan Danau Misterius di Bawah Antartika

Silfa Humairah Utami
Peneliti Temukan Danau Misterius di Bawah Antartika
Ilustrasi danau di bawah es ditemukan di kawasan Antartika. (shutterstock)

Bagaimana bisa danau raksasa berada di bawah es yang menutupi daratan antartika?

Suara.com - Meski telah ditemukan sejak ratusan tahun lalu, namun Antartika masih menyimpan banyak misteri, paling baru, para peneliti dari Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) menemukan danau raksasa yang berada di bawah es yang menutupi daratan benua tersebut.

Untuk sampai pada danau misterius itu, para peneliti harus mengebor hingga kedalaman 3.500 kaki atau setara 1 km di bawah permukaan Antartika. Mereka menggunakan alat bor air bertekanan panas tinggi. Menurut pengamatan mereka, luas danau tersebut mencapai dua kali kota Manhattan.

Setelah lubang terbentuk, mereka meneruskan penyelidikan dengan menggunakan perangkat robotika yang dilengkapi dengan 3 kamera video ke danau untuk mengetahui tingkat temperatur suhu dan kebersihan air agar merujuk pada kemungkinan adanya kehidupan di bawah Antartika. Hipotesis sementara, peneliti memperkirakan bahwa danau tersebut dihuni oleh mikroba.

"Kami tidak tahu apa yang akan kami temukan. Inilah yang membuat kegiatan ini sangat menyenangkan," ujar John Priscu, Kepala Peneliti SALSA yang memimpin 45 anggota penelitian lainnya.

Sebelum melakukan penelitan tersebut, tim SALSA terlebih dahulu mempelajari hasil pencitraan satelit yang menemukan lokasi tersebut sekitar 10 tahun lalu dan belum pernah terjamah. Kini, danau yang diberi nama Mercer Subglacial itu menjadi 1 dari 400 danau tersembunyi yang berada di kedalaman Antartika.

"Bagian dari pengeboran adalah mengambil sampel air untuk menguji kebersihannya. Sudah dites dua kali sejauh ini dan airnya sejernih air yang sudah disaring," ujar salah satu anggota SALSA.

Satu hal yang menarik perhatian dari para peneliti, temperatur suhu di Mercer Subglacial hampir dipastikan berada di bawah 0 derajat, namun air yang berada di bawahnya tidak ikut membeku karena adanya tekanan besar dari es yang berada di atasnya.

Seandainya mereka benar-benar menemukan mikroba, maka hipotesis lanjutan dari para peneliti akan berlanjut pada kemungkinan adanya kehidupan di kedalaman planet Mars, satelit planet Jupiter dan Saturnus yang sama-sama terselimuti es.

Danau raksasa yang berada di bawah es yang menutupi daratan benua tersebut membuat spekulasi ada kehidupan di bawah antartika. Tivan Rahmat

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS