Anak-anak Mesir Kuno Sudah Mengenal Pekerjaan Rumah

Liberty Jemadu
Anak-anak Mesir Kuno Sudah Mengenal Pekerjaan Rumah
Ilustrasi makam purba di Mesir. [Shutterstock]

Menurut dia tulisan dalam tablet itu diproduksi oleh dua orang. Pada bagian atas adalah tulisan dari guru dan di bawahnya salinan dari muridnya.

Suara.com - PR atau pekerjaan rumah rupanya bukan cuma masalah anak-anak "zaman now", karena sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa bocah-bocah di Mesir kuno yang hidup hampir 2000 tahun lalu sudah diberikan PR oleh guru-guru mereka.

Seperti yang diwartakan Live Science, Rabu (9/1/2019), pekerjaan rumah anak-anak Mesir kuno itu ditemukan pada sebuah tablet kayu dari abad pertama Masehi.

Dalam tablet itu terdapat dua kalimat yang ditulis oleh seorang anak dari zaman itu. Bunyinya kira-kira demikian, "Anda harus menerima nasehat hanya dari orang bijaksana" dan "Anda tak boleh memercaya semua teman Anda."

Tablet itu disimpah oleh British Library pada 1892, tetapi artefak tersebut tak pernah dipamerkan ke publik sejak 1970an. Kini tablet itu akan bisa dilihat publik kembali dalam pameran bertajuk "Writing: Making Your Mark" yang akan digelar mulai April mendatang.

Adapun tulisan dalam tablet tersebut disebut menunjukkan rutinitas murid sekolah dasar di Mesir sekitar 1800 tahun silam, demikian dikatakan Peter Toth, salah satu kurator dalam pameran tersebut.

Menurut dia tulisan dalam tablet itu diproduksi oleh dua orang. Pada bagian atas adalah tulisan dari guru dan di bawahnya salinan dari muridnya.

Meski nama dan jenis kelamin bocah pemilik tablet itu tak diketahui, tetapi para peneliti menduga bahwa ia adalah seorang anak lelaki dari keluarga kaya. Pendidikan formal di masa Mesir kuno memang hanya jadi hak anak-anak lelaki.

Tablet itu sendiri terbuat dari kayu dan dilapisi oleh lilin hitam. Untuk menulis di permukaan lapisan lilin, para murid biasanya menggunakan pena yang terbuat dari logam.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS