Pisah Dari Xiaomi, Perusahaan Tunjuk Nahkoda Baru Redmi

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Pisah Dari Xiaomi, Perusahaan Tunjuk Nahkoda Baru Redmi
Xiaomi meluncurkan Redmi Note 7 dengan kamera 48 megapiksel di Beijing, Cina, pada Kamis (10/1/2019). Sebagai ilustrasi [Sumber: mi.com].

"Perceraian" ini diharapkan mendongkrak penjualan, dan mampu berkembang pesat.

Suara.com - Bersamaan dengan pengumuman berpisahnya Redmi dengan Xiaomi, perusahaan dengan cepat menunjuk nahkoda baru untuk memimpin Redmi secara independen.

Diumumkan bahwa Lu Weibing, mantan presiden Gionee, yang akan memimpin Redmi secara resmi. Sebelumnya, Redmi menyatakan berpisah dari Xiaomi untuk menjadi brand tersendiri pada 10 Januari 2019.

Dengan menjadikan Redmi sebagai merek independen baru, hal itu menunjukkan bahwa Xiaomi mengikuti strategi pemecahan sub-merek seperti yang dilakukan oleh kompetitor lain. Salah satunya adalah Huawei dan Oppo yang memiliki sub-merek terpisah, yaitu Honor dan Realme.

Lu Weibing sendiri rupanya memiliki pengalaman yang cukup lama dalam industri ponsel, dikabarkan ia telah berkecimpung selama 20 tahun. Sebelumnya, ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai Presiden Gionee pada 2017. Saat ini, Lu Weibing akan bertindak sebagai Manajer Umum Redmi dan akan menjadi Wakil Presiden Grup Xiaomi.

Sebagai nahkoda baru Redmi, Lu Weibing akan bertanggung jawab untuk membangun merek, desain produk, dan penjualan smartphone Redmi. Ia pun wajib melapor kepada Lin Bin, Presiden dan Co-Founder Xiaomi.

Dilansir dari Gizmochina, Redmi langsung menggebrak pasar dengan meluncurkan Redmi Note 7 sebagai produk smartphone merek independen pertamanya. Smartphone tersebut diprediksi akan "merusak pasar" karena memiliki spesifikasi yang gahar namun dibanderol dengan harga murah.

Pemisahan merek Redmi dinilai akan menjadi langkah penting bagi perusahaan. Hal itu juga terlihat dari pemisahan sub-merek yang dilakukan kompetitor lain, di mana pemisahan brand ini bisa dapat diterima baik di pasaran dan mampu mendongkrak penjualan smartphone.

Terbit perdana di Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS