Tiga Rahasia NASA Ini Bocor ke Publik

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Tiga Rahasia NASA Ini Bocor ke Publik
Ilustrasi logo NASA. [Shutterstock]

NASA kerap menemukan temuan di luar angkasa yang masuk dalam kategori rahasia.

Suara.com - Selama satu abad terakhir, National Aeronautics and Space Administration alias NASA terus melakukan penelitian terhadap antariksa. Tak jarang, mereka menemukan temuan di luar angkasa yang masuk dalam kategori rahasia.

Meski begitu, terdapat beberapa temuan rahasia NASA yang justru bocor ke publik, seperti yang dilansir dari The Richest pada Senin (14/1/2019) berikut ini:

1. Ada Suara Musik di Bulan

Saat melakukan penelitian dengan Apollo 10 dengan tujuan Bulan, astronot Eugene Cernan sempat mendengar suara musik.

"Kau dengar itu?" tanya Cernan kepada ruang kontrol NASA di Bumi.

Dalam transkrip misi yang dirilis pada 2008 itu, Cernan menggambarkan suara yang didengarnya sebagai suara siulan aneh yang ia sebut sebagai "musik tipe ruang angkasa". Terkait 'nyanyian' tersebut, NASA belum memberikan pernyataan resmi.

Selain itu, laporan Cernin juga didukung oleh Michael Collins, astronot Apollo 11. Dalam bukunya yang berjudul Carrying The Fire yang terbit pada 1974, ia juga menulis bahwa dirinya mendengar musik saat mengorbit di Bulan.

Setelah mendapat dua keterangan berbeda, NASA akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi. Terkait kejadian ini, NASA menyebut bahwa suara musik yang didengar para astronot terjadi karena adanya interferensi antara radio LM dengan Modul Perintah VHS.

2. Ada Cahaya Aneh di Antariksa

Ada cahaya aneh yang tertangkap kamera dari pesawat luar angkasa Atlantis pada tahun 2006. Saat itu, Komandan Brent Jett memperhatikan beberapa jenis struktur reflektif di luar pesawat.

Meski tidak terlihat secara detail, namun ia mengungkap bahwa cahaya yang ia lihat seperti obyek yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Saat kabar tersebut sampai ke telinga NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat itu langsung mengambilalih dengan melakukan penyelidikan, termasuk memeriksa pesawat ulang alik yang dikendarai oleh Komandan Jett. Anehnya, pihak NASA tidak menemukan adanya kerusakan pada pesawat tersebut.

3. Astronot Melihat Alien

Sampai saat ini, alien masih menjadi perdebatan di kalangan pengamat luar angkasa. Meski begitu, Mayor Gordon Cooper mengaku, telah melihat alien saat menjadi salah satu astronot NASA dalam sebuah perjalakan ke Planet Merkurius.

Pada tahun 1951, Cooper mengatakan kepada pengontrol misi NASA bahwa dirinya sedang mengamati benda hijau bercahaya yang mendekatinya dengan cepat.

Benda itu cukup nyata untuk ditangkap oleh radar. Namun setelah kembali ke Bumi, Cooper tidak diizinkan untuk berbicara tentang kejadian itu kepada para jurnalis yang sudah lama menunggunya.

Pada tahun-tahun berikutnya, Cooper yang sudah keluar dari NASA akhirnya menjabarkan kejadian yang dialaminya, termasuk tentang usaha NASA yang menutupi laporannya perihal pertemuan dengan alien.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS