Apel Hantu, Fenomena Unik Akibat Suhu Dingin Ekstrem

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Apel Hantu, Fenomena Unik Akibat Suhu Dingin Ekstrem
Proses pembekuan apel karena cuaca ekstrem. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Fenomena unik apel hantu mengubah daging buah menjadi bubur, lantas mengkristal.

Suara.com - Sebuah fenomena unik akibat suhu dingin ekstrem terjadi di Michigan barat, Amerika Serikat, dinamakan apel hantu. Fenomena ini adalah temuan Andrew Sietsema saat hendak memangkas pohon apel di kebunnya.

Dilansir dari Bored Panda, suhu yang cukup dingin menutupi bagian luar apel. Namun karena suhu bagian dalam apel cukup hangat, mampu mengubah daging apel menjadi bubur ketika sampai di titik beku. Saat ditemukan Andrew Sietsema, kristal es yang berbentuk apel itu masih menggantung di pohon. Namun menurut keterangannya, tidak semua buah di kebunnya berubah menjadi apel hantu.

"Apel-apel tadi merupakan sisa dari panennya yang baru saja melewati satu minggu dan cuaca yang sangat dingin karena pusaran Kutub Utara membuat buah-buah itu busuk dan mempertahankan bentuknya," ucap William Shoemaker, seorang pensiunan pakar buah-buahan dan sayuran holtikultura dari University of Illinois, Amerika Serikat.

Struktur dalam buah apel tadi akan luruh, dan beberapa buah menjadi busuk pada suhu sekitar minus 18 derajat Celcius. William Shoemaker menambahkan bahwa apel memiliki kandungan asam yang signifikan.


Hitekno.com/Dinar Surya Oktarani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS