Apple Siapkan Pesaing Samsung Galaxy Fold ?

Dythia Novianty
Apple Siapkan Pesaing Samsung Galaxy Fold ?
Salah satu kantor Apple Inc. [Shutterstock]

Kabarnya, Apple berencana membuat perangkat lipatnya sendiri.

Suara.com - Samsung baru saja meluncurkan ponsel pintar lipatnya, Samsung Galax Fold yang inovatif. Kabarnya, Apple berencana membuat perangkat lipatnya sendiri.

Tampaknya, Apple dikabarkan telah menerapkan paten pada ponsel pintar yang menawarkan kemampuan serupa dengan Samsung Galaxy Fold.

Situs teknologi Belanda bernama LetsGoDigital telah menugaskan renders 3D berdasarkan paten Apple. Mereka menunjukkan gadget yang dapat dilipat dalam dua arah.

Dari apa yang digambarkan, meningkatkan kemungkinan bahwa itu tidak akan memerlukan penyangga dan memungkinkan dua orang menonton video berbeda di setiap sisi perangkat.

Paten iPhone lipat. [Letsgodigital]
Paten iPhone lipat. [Letsgodigital]

Desain ini dikenal sebagai clamshell dan akan menjadi depature radikal untuk Apple. Dari paten tersebut tidak menunjukkan berapa banyak kamera yang ada di iPhone lipat, sehingga renders menggambarkannya satu di depan dan dua di belakang.

Dokumen raksasa teknologi itu mengungkapkan bahwa perancangnya telah menciptakan gadget yang dapat melipat dua untuk menyembunyikan layarnya, yang memungkinkan perangkat besar seperti iPad masuk ke kasing yang lebih kecil.

Desain ini dikenal sebagai 'clamshell' dan merupakan keberangkatan radikal dari model iPhone sebelumnya. Namun, paten itu bukan bukti konkret bahwa Apple akan memproduksi telepon yang tidak jelas, karena perusahaan teknologi sering kali memimpikan teknologi baru tapi tidak berhasil memasarkannya.

Samsung menghadapi persaingan di pasar telepon lipat dari perusahaan lain serta Apple. Pada tahun 2018, perusahaan rintisan AS Royole meluncurkan FlexPai, yang menampilkan layar 7,8 inci yang dapat dilipat agar masuk ke dalam saku. Tampilan fleksibel bukan teknologi baru, televisi melengkung dan layar smartphone telah ada selama beberapa waktu.

Saingan lainnya lagi adalah LG dan Lenovo juga sebelumnya menunjukkan layar yang dapat dilipat atau digulung. Tetapi hingga kini sangat sedikit ponsel dengan layar lipat yang sejauh ini berhasil dipasarkan.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy Fold sendiri merupakan sebuah gawai hibrida. Ketika layarnya dibuka, ia adalah sebuah tablet berukuran 7,2 inci. Sementara ketika ditutup, ia menjelma menjadi ponsel 4,6 inci.

Tampang depan Samsung Galaxy Fold saat dilipat (kiri) dan setelah dibuka kanan. [Samsung Global Newsroom]
Tampang depan Samsung Galaxy Fold saat dilipat (kiri) dan setelah dibuka kanan. [Samsung Global Newsroom]

Samsung Galaxy Fold dipacu prosesor Qualcomm berarsitektur 7nm octa-core dengan RAM 12 GB. Kapasitas memorinya hingga 512 GB dan Samsung menggunakan Universal Flash Storage 3.0 untuk memperoleh kecepatanlebih tinggi.

Galaxy Fold menggunakan dua baterai yang terpasang terpisah. Keduanya menghasilkan daya sebesar 4.380 mAh.

Di sektor fotografi, Samsung Galaxy Fold memiliki enam kamera. Kamera pertama tersemat di sampul, dengan kekuatan 10 megapiksel dan bukaan f/2.2.

Ketika gawai itu dibuka menjadi tablet, akan ditemukan juga dua kamera di bagian depan. Kamera pertama berkekuatan 10 megapiksel dan yang berkekuatan 8 megapiksel.

Sementara itu kamera belakang ada tiga: yang berkekuatan 16 megapiksel dan dua kamera 12 megapiksel, yang salah satunya memiliki fitur telephoto.

Samsung Galaxy Fold rencananya mulai dijual pada 26 April 2019. Ia akan dijual dengan harga 1.980 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 27,8 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS