Datang dengan Kamera Flip yang Futuristik, Ini 3 Kelemahan Asus ZenFone 6

Dinar Surya Oktarini | Agung Pratnyawan
Datang dengan Kamera Flip yang Futuristik, Ini 3 Kelemahan Asus ZenFone 6
Teaser Asus ZenFone 6. (Asus)

Rilis dengan kejutan kamera flip yang terlihat futuristik, meski begitu ada juga kekurangan Asus ZenFone 6 ini.

Suara.com - Resmi dirilis Smartphone Asus ZenFone 6 hadir dengan penuh kejutan. Paling menonjol adalah kejutan kamera flip yang terlihat futuristik. Walau begitu, ada juga kekurangan Asus ZenFone 6 ini.

Asus ZenFone 6 hadir smartphone flagship yang punya banyak fitur menarik. Dari kamera flip yang menjadikan kamera utama sebagai kamera selfie.

Baterai berkapasitas jumbo yang jarang ditemui di smartphone flagship. Smartphone Asus ZenFone 6 ini dilengkapi fast charging untuk mengisi baterai 5.000 mAh yang dipakainya.

Untuk performa, tidak diragukan lagi chipset flagship Qualcomm Snapdragon 855. Chipset paling ngebut dari Qualcomm yang banyak dipakai smartphone flagship.

Layar 6,4 inci tanpa poni dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Meski belum OLED, layar IPS ini telah menghasilkan warna cantik dengan kerapatan pixel tinggi.

Smartphone Asus ZenFone 6 ini juga masih mempertahankan port audio 3,5 mm. Tak perlu repot cek saldo eToll dan eMoney, karena Asus ZenFone 6 dilengkapi NFC.

Sudah pakai USB type-C yang kekinian, dan tetap mempertahankan fingerprint sensor. Masih ada slot microSD yang mendukung hingga 1 TB.

Peluncuran smartphone Asus ZenFone 6. (Asus)
Peluncuran smartphone Asus ZenFone 6. (Asus)

Asus ZenFone 6 hadir dengan ZenUi 6 berbasis Android 9 Pie. Asus juga berjanji untuk mendukung smartphone ini tak hanya sampai Android Q, tapi juga Android R.

Harga pun nampak kompetitif dengan smartphone flagship lain. Bahkan tak kalah menarik dibandingkan dengan OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro.

Dengan banyak kelebihan di atas, lalu apa dong kekurangan Asus ZenFone 6 ini? Sekilas hampir tidak ada cacat di berbagai sisi.

Tunggu dulu, tetap ada kok kekurangan Asus ZenFone 6 ini. Simak, berikut ini 3 kekurangan Asus ZenFone 6 yang harus kamu ketahui.

1. Part Bergerak

Kamera Asus ZenFone 6. (Asus)
Kamera Asus ZenFone 6. (Asus)

Kamera flip memang menarik, karena membuat kamera utama sebagai kamera selfie. Namun mekanisme ini melibatkan part bergerak dan motor listrik.

Meski Asus mengklaim kuat ratusan ribu kali gerak dan memakai material kuat, namun tetap saja part bergerak punya risiko masalah lebih dari yang diam.

Terlebih lagi, Asus memberikan fitur Free-angle shooting. Pengguna bebas menentukan kemiringan kamera flip ini, yang pasti membuatnya sering bergerak.

2. Namanya Mirip Produk Lama

Asus Zenfone 6 A600CG 2014. (Tokopedia)
Asus Zenfone 6 A600CG 2014. (Tokopedia)

Sampai sekarang, kamu bisa menemukan smartphone Asus ZenFone 6 second di berbagai marketplace. Tapi smartphone yang dimaksud bukan Asus ZenFone 6 yang baru dirilis ini.

Ada Asus ZenFone 6 berkode A600CG yang terkenal dengan sebutan smartphone setrika. Karena panas dari chipset Intel Atom yang keterlaluan.

Kemiripan nama ini bisa disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Jadi waspada, dan pastikan smartphone yang dimaksud adalah Asus ZenFone 6 yang versi 2019.

3. Belum Mendukung Jaringan 5G

Kecepatan internet jaringan 4G vs 5G. (Instagram/ Cnet).
Kecepatan internet jaringan 4G vs 5G. (Instagram/ Cnet).

Snapdragon 855 memang paling ngebut saat ini, namun chipset ini bakal lebih optimal jika disandingkan dengan modem 5G. Sayangnya, Asus belum membekalinya.

Meski jaringan 5G belum ada di Indonesia, bukan berarti tidak akan hadir. Ketika Jaringan 5G siap di Tanah Air, smartphone Asus ini belum bisa merasakannya.

Berharap saja jika Asus juga bakal menghadirkan versi 5G untuk smartphone ini. Karena kehadiran jaringan 5G sudah didepan mata.

Meski ada beberapa kelemahan, smartphone flagship Asus ini memang menarik untuk dipinang. Dan nampaknya bakal masuk ke Tanah Air tidak lama lagi.

Itulah 3 kekurangan Asus ZenFone 6 yang telah resmi diluncurkan. Apakah kelemahan ini mempengaruhi kamu untuk membeli smartphone Asus tersebut?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS