LIPI Punya Robot Penjinak Bom Terbaru

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
LIPI Punya Robot Penjinak Bom Terbaru
Robot baru LIPI, Morolipi V2. [LIPI]

LIPI tengah mengembangkan sebuah robot penjinak bom.

Suara.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mengembangkan sebuah robot penjinak bom. Prototipe tersebut diberi nama Morolipi V.2. Morolipi sendiri merupakan akronim dari Mobil Robot LIPI.

Dikutip dari laman resmi LIPI, Selasa (18/6/2019), Morolipi V2 merupakan mobil robot penjinak bom yang mempunyai dimensi lebih kecil dan lebih ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Robot ini dilengkapi dengan empat flippers yang dapat bergerak secara independen, tidak hanya dapat berjalan di atas tanah yang datar saja, namun juga bisa melaju mulus saat menaiki atau menuruni tangga dengan slope 45 derajat.

Morolipi V.2 diharapkan mampu menggantikan peran robot-robot impor yang digunakan TNI dan POLRI untuk menekan anggaran dana, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri dalam hal teknologi pertahanan, dan dapat didiversifikasikan untuk aplikasi mobile robot lainnya.

Robot baru LIPI, Morolipi V2. [LIPI]
Robot baru LIPI, Morolipi V2. [LIPI]

Bicara kelebihan Morolipi V.2, produk lokal ini telah melewati proses perancangan berbasis pesanan sesuai kebutuhan pengguna, memaksimalkan potensi dalam negeri, serta perbaikan dan perawatannya lebih mudah dilakukan karena merupakan produksi dalam negeri.

Selain itu, Morolipi V.2 juga mampu melewati tanggul dan tangga dengan slope 160 serta bisa memotong kabel berdiameter 3 mm untuk menjinakkan bom.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS