Puluhan Video Kimi Hime Raib dari YouTube

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Puluhan Video Kimi Hime Raib dari YouTube
Tangkapan layar salah satu video Kimi Hime di YouTube seperti yang disaksikan Suara.com di Jakarta, Senin (29/7/2019). [YouTube/Kimi Hime]

Kominfo mengatakan telah memerintahkan Youtube menangguhkan tiga video Kimi Hime.

Suara.com - Sejak ditegur Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), puluhan video Kimi Hime dalam channel YouTube-nya terpantau berkurang. Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta YouTube menangguhkan tiga video Kimi Hime yang dinilai melanggar UU ITE.

Berdasarkan pantauan Suara.com hingga Senin malam (29/7/2019), ada sekitar 60 video Kimi Hime YouTube yang menghilang. Lantas, apakah yang sebenarnya terjadi?

Tim kuasa hukum Kimi Hime mengatakan bahwa langkah yang diambil kliennya ini merupakan bentuk self blocking sebagai bentuk kepatuhan terhadap anjuran pemerintah, dalam hal ini Kominfo.

"Iya (self blocking), memang sekarang kita batasi sementara," kata Irfan Akhyari, salah satu anggota tim hukum Kimi Hime di kantor Kominfo, Jakarta, pada Senin (29/7/2019).

Meski terlihat menghilang dari channel YouTube Kimi Hime, namun pembatasan yang dimaksud oleh Irfan adalah tidak memunculkannya ke publik karena berpotensi menuai kontroversi.

"Karena itu kita batasi, sehingga tidak terjadi polemik-polemik berikutnya. Makanya, kita batasi dulu sebelum bertemu dengan Kominfo. Pada hari ini, alhamdulillah sudah clear semua. Ada (videonya tidak dihapus) tapi enggak muncul," imbuh Irfan.

Sementara itu, Kominfo mengatakan telah memerintahkan Youtube menangguhkan tiga video Kimi Hime dan menerapkan pembatasan usia untuk enam video lainnya.

Sebelum mengaktifkan self blocking, jumlah video Kim Hime di YouTube berjumlah 467, sedangkan saat ini berkurang menjadi 407 video. Artinya, ada 60 video yang menghilang dari saluran YouTube milik perempuan bernama asli Kimberly Khoe itu.

"Saya katakan, ini bentuk itikad baik dari pihak Kimi Hime. Kami hadir pada hari ini untuk memberikan penjelasan ke publik itu bahwa Kimi Hime itu punya itikad baik dan mau memberikan ruang atau menerima masukan-masukan dari pihak regulator," tutup Irfan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS