Waspada! Gini Tandanya Smartphone Kamu Kena Hack

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Waspada! Gini Tandanya Smartphone Kamu Kena Hack
Ilustrasi hacker atau peretas dan sebuah ponsel. [Shutterstock]

Tanda-tanda ini harus kamu perhatikan ya!

Suara.com - Smartphone menjadi gadget yang paling dekat denganmu, wajar jika smartphone memiliki berbagai informasi pribadi kamu. Karena bersifat pribadi, dapat dipastikan jika smartphone rentan kena hack dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Untuk jaga-jaga, seharusnya kamu paham betul beberapa tanda smartphone kena hack.

Pada umumnya, orang-orang terkenal saja yang biasanya menjadi korban hacker. Namun, seiring berjalannya waktu, tidak jarang ada juga orang-orang biasa yang menjadi sasaran para hacker.

Motifnya beragam, ada yang karena ingin menggunakan data pribadimu. Atau bahkan ada yang memang hanya iseng ingin membuat kamu pusing saat akhirnya smartphone kena hack.

Melansir dari Tech World, berikut beberapa tanda smartphone kamu kena hack.

1. Baterai cepat habis

Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)
Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)

Walaupun tidak bisa dengan langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai yang cepat habis adalah tanda smartphone kena hack. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu di antaranya.

Saat smartphone kamu dalam kondisi baik-baik saja, namun mendadak baterai sering cepat habis, bisa saja smartphone kamu kena hack.

Baterai yang cepat habis ini diakibatkan karena aplikasi yang bekerja secara terus menerus. Aplikasi mata-mata biasanya akan mencuri data kamu dan mengirimkannya ke server yang diinginkan.

2. Aplikasi yang sering mengalami crash

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)
Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

Aplikasi yang sering mengalami crash biasanya disebabkan oleh malware yang berbenturan dengan aplikasi lain.

Makin terasa aneh jika kamu sudah menutup aplikasi tersebut, namun crash masih saja terjadi. Semakin parah jika smartphone kamu tiba-tiba melakukan restart berulang kali.

3. Pemakaian data yang besar

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)

Jika penggunaan data kamu tiba-tiba meningkat secara drastis, perlu hati-hati karena smartphone kamu bisa saja sedang diretas oleh malware.

Penggunaan data yang besar sehingga cepat habis ini bisa saja terjadi karena proses transmisi data dari smartphone ke server lain yang sengaja melakukan hack.

4. Pop-up misterius

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Pop-up biasanya muncul karena berbagai iklan. Namun, jika ada pop-up yang terus menerus muncul di layar smartphone kamu, perlu hati-hati karena iklan tersebut bisa saja terinfeksi adware.

Adware merupakan salah satu jenis malware yang memaksa perangkat untuk membuka beberapa laman yang mengarah pada revenue iklan.

Walaupun tidak ada tanda yang pasti bahwa smartphone yang kamu gunakan kena hack, beberapa tanda di atas bisa kamu pakai sebagai bentuk jaga-jaga seandainya perangkat kamu menjadi sasaran hacker.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS