Ini 5 Aplikasi Paling Populer di Android Agustus 2019

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ini 5 Aplikasi Paling Populer di Android Agustus 2019
Ilustrasi Google Play Store. [shutterstock]

Beberapa aplikasi masuk ke dalam daftar paling populer.

Suara.com - Ada banyak aplikasi yang disediakan platform Android. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, beberapa aplikasi masuk ke dalam daftar paling populer, entah karena jumlah unduhannya atau kegunaan dari aplikasi itu sendiri.

Oleh karena itu, tim tekno Suara.com menghimpun lima aplikasi Android gratis paling populer, yang paling banyak digunakan dan diunduh. Berikut ini lima aplikasi Android paling populer Agustus 2019:

1. SHAREit: File Transfer, Sharing

Aplikasi yang ditawarkan oleh Shareit Information Technology ini rilis secara resmi di platform Android pada May 2019. Meskipun pendatang baru, aplikasi yang pertama kali diperkenalkan pada 2015 ini menawarkan layanan mengirim dan menerima berbagai macam file secara cepat.

SHAREit diklaim sebagai aplikasi pengiriman tercepat di dunia dengan kecepatan 200 kali lebih cepat dibanding Bluetooth. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim file tanpa mengurangi kualitas. File yang dapat dikirim pun mencakup gambar, video, musik, hingga aplikasi.

SHAREit. [Dok. SHAREit]
SHAREit. [Dok. SHAREit]

Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali ini pun mendukung hampir semua format video. SHAREit sendiri hanya memiliki kapasitas sebesar 24 MB.

2. Facebook Lite

Facebook menawarkan aplikasi yang lebih menghemat data pengguna lewat Facebook Lite. Aplikasi ini hanya berukuran 1,3 MB.

Tampilan aplikasi Facebook Lite di ponsel Android (Facebook Newsroom).
Tampilan aplikasi Facebook Lite di ponsel Android (Facebook Newsroom).

Meskipun versi Lite, aplikasi ini tetap dapat memuat konten ataupun mengunggah dengan cepat. Selain itu, Facebook Lite juga dapat digunakan untuk semua jaringan, termasuk 2G dan wilayah dengan koneksi internet lambat atau tidak stabil.

Facebook Lite sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali oleh pengguna Android.

3. Messenger

Facebook Messenger. [Shutterstock]
Facebook Messenger. [Shutterstock]

Aplikasi besutan Facebook ini memiliki ukuran sebesar 43 MB. Aplikasi yang berfokus pada perpesanan instan ini menyediakan fitur mengirim pesan, video, foto, dan membuat grup.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan video call kepada sesama pengguna, mengirim pesan suara, berbagi lokasi, hingga mengirim uang dengan aman melalui PayPal atau kartu debit. Aplikasi ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali.

4. Tik Tok

Aplikasi jaringan sosial dan platform video musik China yang diluncurkan pada September 2016 lalu ini ditawarkan oleh Toutiao. Tik Tok pun menjadi salah satu aplikasi populer di Indonesia yang menjadi wadah kreatifitas generasi muda.

Tampilan aplikasi Tik Tok di Google Play Store seperti diakses Selasa (3/7). [Suara.com/Google Play Store]
Tampilan aplikasi Tik Tok di Google Play Store seperti diakses Selasa (3/7). [Suara.com/Google Play Store]

Platform ini menawarkan musik untuk tarian, gaya kreatif, ataupun unjuk bakat. Para pengguna dapat membuat video pendek yang unik. Tik Tok sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali dan memiliki kapasitas 79 MB.

5. YouTube Go

Salah satu aplikasi di Android Go, YouTUbe Go. [Shutterstock]
Salah satu aplikasi di Android Go, YouTUbe Go. [Shutterstock]

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan memiliki kapasitas sebesar 9,1 MB merupakan platform untuk mengunduh dan menonton video. Lewat YouTube Go, pengguna dapat mengunduh dan menonton video tanpa harus menghabiskan kuota yang banyak.

Pengguna dapat memilih besaran MB video yang ingin diunduh dan melakukan pratinjau sebelum mengunduhnya. Tak hanya itu, aplikasi ini pun dirancang untuk perangkat dengan penyimpanan lebih kecil dan kecepatan internet lambat sehingga pengguna masih tetap bisa menonton dan mengunduh video tanpa buffering serta mengunduhnya ke ponsel atau kartu SD. YouTube Go telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS