5 Langkah Mudah Mengunduh macOS 10.15 Catalina Beta Publik

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Langkah Mudah Mengunduh macOS 10.15 Catalina Beta Publik
macOS Catalina. [Apple]

Versi beta publik macOS Catalina merupakan versi awal dari sistem operasi terbaru Apple untuk Mac dan MacBook.

Suara.com - Versi beta publik macOS Catalina merupakan versi awal dari sistem operasi terbaru Apple untuk Mac dan MacBook, telah tersedia untuk diunduh bagi pengguna.

Namun, karena bersifat beta publik, kemungkinan beberapa fitur tidak akan sepenuhnya tersedia dan mungkin tidak stabil. Sehingga jika pengguna berubah pikiran, lebih baik menunggu versi final.

Dilansir dari Tech Radar, berikut ini lima langkah mudah untuk mengunduh macOS 10.15 Catalina beta publik:

1. Periksa perangkat yang kompatibel

Sebelum pengguna mengunduh dan menginstal macOS Catalina beta publik, pengguna harus memastikan bahwa Mac atau MacBook yang pengguna miliki dapat menjalankan perangkat lunak tersebut. Sebagai catatan, jika pengguna memilii macOS 10.14 Mojave yang diinstal pada Mac atau MacBook, maka pengguna dapat menjalankan macOS 10.15 Catalina.

Perangkat yang kompatibel dengan macOS Catalina mencakup 12 inch MacBook (tahun 2015 atau versi terbaru), MacBook Air (tahun 2012 atau versi terbaru), MacBook Pro (tahun 2012 atau versi terbaru), Mac mini (tahun 2012 atau versi terbaru), iMac (tahun 2012 atau versi terbaru), iMac Pro (tahun 2017), dan Mac Pro (tahun 2013 atau versi terbaru).

2. Cadangkan data perangkat

Sebelum mengunduh macOS Catalina, sebaiknya pengguna mencadangkan file pada perangkat Mac sehingga jika terjadi kesalahan, pengguna akan mengembalikan data seperti semula.

3. Daftar Program Perangkat Lunak Beta Apple

Untuk mengunduh dan menginstal macOS Catalina beta publik, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu ke Program Perangkat Lunak Beta Apple. Pengguna dapat mengakses situs web https://beta.apple.com/sp/betaprogram/ dan klik "Daftar" lalu masukkan ID Apple dan klik "Masuk".

Selanjutnya, pengguna harus mendaftarkan perangkat Mac milik pengguna. Pengguna akan melihat halaman untuk mendaftarkan perangkat, gulir ke bawah hingga menemukan "Daftarkan Mac Anda". Klik "Unduh Utilitas Akses Beta Publik macOS". Klik dua kali file tersebut setelah diunduh dan ikuti langkah-langkah untuk menginstal macOS Catalina beta publik.

Facebook Timeline in user profile on the Apple Macbook Pro Retina screen that is on office wooden desk. Facebook is the most popular social network in the world. Varna, Bulgaria - May 31, 2015.
Facebook Timeline in user profile on the Apple Macbook Pro Retina screen that is on office wooden desk. Facebook is the most popular social network in the world. Varna, Bulgaria - May 31, 2015.

4. Unduh macOS Catalina Beta

Utilitas Akses Beta Publik macOS akan meminta pengguna untuk mengunduh macOS Catalina Beta. Pengguna dapat mengklik "Unduh" untuk memulai.

File tersebut berukuran 6,45 GB sehingga diperlukan koneksi internet yang cepat.

Jika Mac pengguna menjalankan macOS Mojave, buka "System Preferences" > klik "Pembaruan Perangkat Lunak > klik "Unduh".

Jika pengguna menjalankan versi beta dari macOS Mojave, maka macOS Catalina Beta akan muncul sebagai pembaruan.

Sebagai catatan, pengguna mungkin akan melihat pemberitahuan yang mengatakan bahwa "Pembaruan tidak ditemukan". Klik "OK" untuk menutup pemberitahuan dan macOS Catalina Beta akan muncul.

5. Instal macOS Catalina beta publik

Setelah macOS Catalina beta publik selesai diunduh, penginstalan akan otomatis muncul. Pengguna cukup mengikuti langkah-langkah untuk menginstal perangkat lunak tersebut.

Perlu diingat bahwa dalam beberapa bulan ke depan, Apple akan terus memperbarui macOS Catalina beta, seperti menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug yang ditemukan. Ketika Apple merilis versi beta baru, pemberitahuan akan muncul dari Pemberitahuan Perangkat Lunak. Buka menu tersebut untuk menginstal versi terbaru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS