Lebih Banyak Jumlah Pasir di Bumi atau Bintang di Langit?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Lebih Banyak Jumlah Pasir di Bumi atau Bintang di Langit?
Ilustrasi pasir di Bumi. (Pixabay/theperformancehiro)

Sekelompok ilmuwan dari Universitas Hawaii telah mencoba menghitung jumlah pasir di Bumi.

Suara.com - Pernahkah bertanya-tanya ada berapa banyak jumlah bintang di langit atau pasir di Bumi dan membandingkan jumlah keduanya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekelompok ilmuwan dari Universitas Hawaii telah mencoba menghitung jumlah pasir di Bumi. Sebagaimana dilansir laman Exploring Our Fluid Earth, disebutkan bahwa jika mengasumsikan sebutir pasir memiliki ukuran tertentu yang sama dan menghitung berapa banyak butir pasir dalam satu sendok teh, lalu mengalikan jumlahnya dengan semua pantai dan gurun di seluruh dunia, maka Bumi memiliki sekitar tujuh triliun lima ratus kuadriliun butir pasir.

Sementara itu, menurut laman ESA (European Space Agency), jumlah bintang yang ditampilkan saat malam hari hanyalah beberapa ribu dari total keseluruhan bintang yang ada. Jumlah bintang di alam semesta dikehui mencapai 70 sekstiliun atau sama dengan angka 7 diikuti 22 angka 0 dibelakangnya.

Ilustrasi taburan bintang di langit. [Shutterstock]
Ilustrasi taburan bintang di langit. [Shutterstock]

Para astronom memang tidak menghitung bintang-bintang tersebut secara individual, sebaliknya mereka mengukur kuantitas yang terintegrasi seperti jumlah dan luminositas galaksi. Dengan kata lain, bintang-bintang di langit memiliki jumlah lebih banyak daripada pasir di Bumi. Terlebih, saat ini mungkin masih banyak bintang yang belum terdeteksi oleh ilmu sains.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS