Ini Pemenang Nobel Sastra 2019 dan 2018

Liberty Jemadu
Ini Pemenang Nobel Sastra 2019 dan 2018
Sastrawati Polandia Olga Tokarczuk (kiri) dianugerahi Nobel Sastra 2018 dan Peter Handke, peraih Nobel Sastra 2019. [AFP/Beata Zawrel/Francisco Leong]

Nobel Sastra 2019 dianugerahkan kepada Peter Handke sementara Nobel Sastra 2018 jatuh pada sastrawati Polandia, Olga Tokarczuk.

Suara.com - Nobel Sastra 2019 dianugerahkan kepada penulis Austria, Peter Handke sementara Nobel Sastra 2018 jatuh pada sastrawati Polandia, Olga Tokarczuk, demikian diumumkan Akademi Swedia pada Kamis (10/10/2019).

Pada tahun ini Nobel Sastra kembali digelar setelah ditiadakan pada 2018 lalu akibat skandal pelecehan seksual yang melibatkan suami salah satu anggota akademi tersebut. Sejak itu, anggota akademi telah dipilih ulang dan beberapa aturan penentuan penerima hadiah diubah.

Handke yang berusia 76 tahun, oleh Akademi Swedia disebut sebagai salah satu penulis paling berpengaruh di Eropa setelah Perang Dunia II dengan karya seperti novel, esai, dan drama.

Ia juga dikenal sebagai salah satu penulis naskah Wings of Desire, sebuah film yang dirilis tahun 1987 dan banyak mendapat pujian.

Akademi Swedia mengatakan bahwa Handke menghasilkan "sebuah karya berpengaruh, yang dengan kebaruan linguistiknya telah mengeksplorasi batas-batas dan kekhususan pengalaman manusia."

Sementara Tokarczuk, 57, menulis novel pertamanya pada 1993. Ia, yang juga seorang psikolog terlatih, pada 2018 kemarin memenangkan anugerah Man Booker International Prize lewat novel berjudul Flight.

Ia telah memicu kontroversi di kampung halamannya, Polandia, dengan mengorek sejarah gelap negara itu, melawan kisah sejarah resmi yang dipromosikan oleh partai berkuasa, Prawo i Sprawiedliwosc atau Partai Hukum dan Keadilan (PiS).

Tokarczuk memenangkan Nobel Sastra 2018 untuk "sebuah imajinasi naratif, yang dengan gairah ensiklopedik menampilkan penerabasan atas batas-batas, sebagai sebuah bentuk kehidupan."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS