NASA Ciptakan Peta 3D Bulan

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
NASA Ciptakan Peta 3D Bulan
Logo NASA. [Shutterstock]

Para ilmuwan NASA menciptakan peta 3D dari Bulan sebagai model interaktif yang disebut dengan CGI Moon Kit.

Suara.com - Para ilmuwan NASA menciptakan peta 3D dari Bulan sebagai model interaktif yang disebut dengan CGI Moon Kit. Peta 3D tersebut dibuat untuk membantu siapapun untuk memahami struktur Bulan lebih mudah atau bahkan para orang tua dapat mendongengkannya kepada anak-anak.

CGI Moon Kit tersebut dibuat menggunakan gambar yang ditangkap oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) sebagai cara NASA untuk menyediakan data atau informasi yang lebih mudah dipahami.

"Ada banyak data yang tersedia untuk umum tapi tidak dapat diakses sebagaimana mestinya. Dengan merilis CGI Moon Kit, data tersebut dapat digunakan lebih banyak orang. Karena itu penting menghubungkan ilmu sains dengan ilmu seni dan citra," ucap Ernie Wright, visualisator sains di Scientific Visualization Studio, Goddard Space Flight Center NASA.

Ilustrasi Bulan. (Shutterstock)
Ilustrasi Bulan. (Shutterstock)

Sebagaimana dilansir laman IFL Science, LRO sendiri telah menghabiskan beberapa dekade terakhir untuk mengorbit Bulan dan memetakan permukaannya. Wright kemudian mengubahkan menjadi gambar bernilai 10 tahun yang ditangkap oleh kamera milik LRO. Untuk membuat peta 3D tersebut, Wright mengaku harus mempertimbangkan pencahayaan, lokasi, dan gambaran besar untuk menyatukan semuanya.

Selain dapat digunakan untuk edukasi, peta 3D Bulan juga digunakan untuk membantu mempersiapkan pendaratan yang aman untuk misi Artemis di masa mendatang. Misi pendaratan Bulan yang akan dilakukan oleh Amerika Serikat tersebut akan mengirim perempuan pertama di Bulan pada 2024.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS