facebook

Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline Dengan Kamera Ponsel

Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline Dengan Kamera Ponsel
Ilustrasi Google Translate. [Shutterstock]

Berguna banget buat Anda yang sedang melancong ke luar negeri.

Suara.com - Fitur penerjemah offline memang bukan hal baru. Ketika pengguna berpergian ke negara asing dan menemukan kalimat dengan bahasa yang tidak bisa dipahami secara harfiah dan tidak memiliki data internet pada perangkat, di sini peran Google Translate sangat membantu.

Tanpa perlu repot menuliskan kembali kata atau kalimat dalam bahasa tertentu, pengguna bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk menerjemahkannya. Dilansir dari Android Pit, berikut cara menggunakan Google Translate secara offline dengan kamera smartphone:

Fitur penerjemahan secara offline dengan menggunakan kamera smartphone pada Google Translate tersedia dalam 29 bahasa. Untuk menerjemahkannya, buka Google Translate dan pilih bahasa yang diinginkan.

Pilih ikon kamera di sebelah kiri lalu arahkan kamera pada kalimat yang ingin pengguna terjemahkan. Kamera akan membingkai teks yang terdeteksi, kemudian pilih teks tersebut dengan jari untuk menampilkan terjemahan langsung.

Baca Juga: Hingga Kini, Misteri Google Translate Ini Belum Terpecahkan

Pengguna juga bisa menggunakan opsi Pilih Semua untuk menerjemahkan semua kalimat yang terdeteksi di kamera dan menyalin terjemahan untuk dibagikan melalui pesan.

Sebagai catatan, sebelum menerjemahkan, pengguna harus mengunduh bahasa yang diinginkan agar bisa digunakan secara offline.

Untuk mengunduhnya, buka Google Translate > klik bahasa yang diinginkan > klik ikon panah untuk memulai unduhan > klik Unduh. Setelah proses selesai, pengguna akan menemukan ikon baru di sebelah bahasa.

Untuk memperbarui unduhan bahasa atau menghapusnya, klik pada tiga tanda hubung di bagian kiri atas > klik Terjemahan Offline > klik Upgrade untuk memperbarui unduhan bahasa atau klik ikon tempat sampah untuk menghapusnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2018 Bikin Penggunaan Google Translate Melonjak

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar