Juno Tangkap Penampakan Badai Topan di Jupiter

Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Juno Tangkap Penampakan Badai Topan di Jupiter
Ilustrasi planet Jupiter dengan bulan-bulannya. [Shutterstock]

Dimana NASA itu menemukan badai topan lainnya

Suara.com - Juno Tangkap Penampakan Badai Topan di Jupiter

Juno membuat temuan yang mengerikan. Pasalnya, pesawat luar angkasa milik NASA itu menemukan badai topan lainnya di Jupiter, namun dengan ukuran raksasa.

Sebagaimana dikutip dari Slashgear pada Minggu (15/12/2019), badai topan di Jupiter yang berhasil terekam Juno memiliki ukuran seluas wilayah Texas, Amerika Serikat.

Fenomena angin topan itu berhasil direkam di kutub selatan planet besar itu, bergabung bersama enam badai serupa yang semuanya berkerumun di wilayah tersebut. NASA mencatat, momen langka itu terjadi pada 3 November lalu.

Terlepas dari temuan tersebut, Juno sendiri merupakan pesawat antariksa yang cukup tangguh. Pasalnya, ia merupakan pesawat ruang angkasa bertenaga surya.

Artinya, 'nyawa' Juno bergantung pada sinar matahari agar bisa terus beroperasi. Dengan kemampuannya tersebut, NASA nyaris pesimis dengan misi eksplorasi Jupiter.

Pada awalnya, jarak antara Matahari ke Jupiter yang terlalu jauh dikhawatirkan akan menjadi penghalang untuk misi ini, mengingat paparan sinar Matahari yang terpancar ke Jupiter tidak sebanyak Bumi.

Namun, karena tim yang menangani Juno cekatan dalam menyiapkan berbagai strategi alternatif, pesawat ruang angkasa ini masih bisa hidup.

Misi pengintaian Jupiter ini sendiri dilakukan sejak 2016 lalu. Pada bulan Juli di tahun tersebut, Juno berhasil menemukan badai topan untuk yang pertama kalinya, yang membuat para ilmuwan semakin terpacu untuk mengungkap misteri dibalik planet terbesar di Tata Surya tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS