NASA Bagikan Potret Matahari Terbit di Mars

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
NASA Bagikan Potret Matahari Terbit di Mars
Curiosity, kendaraan robot milik NASA. [NASA]

Penjelajah Curiosity mengirim potret baru kepada NASA.

Suara.com - Penjelajah Curiosity mengirim potret baru kepada NASA yang memperlihatkan pemandangan Matahari terbit di Mars. Dalam foto tersebut, sinar mentari terlihat di tepi Kawah Gale.

Gambar itu diambil oleh kamera navigasi Curiosity pada 30 November pukul 15:38 WIB dan dibagikan oleh Doug Ellison, Engineering Camera Payload Uplink Lead milik Curiosity.

"Salah satu gambar terbaik yang pernah saya dapatkan," tulis akun Twitter @doug_ellison, seperti yang dilansir laman IFL Science.

Gambar yang dibagikan adalah gambar hitam putih, tetapi ketika Matahari terbit dan terbenam memancarkan warna kebiru-biruan di planet Mars, seperti gambar yang dibagikan Curiosity sebelumnya pada tahun 2015 lalu.

Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).
Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).

"Warna-warna itu berasal dari debu yang sangat halus dengan ukuran yang tepat sehingga cahaya biru menembus atmosfer Mars sedikit lebih efisien," ucap Mark Lemmon dari Texas A&M University dan salah satu anggota tim Curiosity.

Pemandangan yang tertangkap kamera itu sendiri merupakan Kawah Gale yang memiliki diameter 154 kilometer. Dalam cekungan yang diyakini terbentuk oleh tabrakan meteor sekitar 3,5 hingga 3,8 miliar tahun yang lalu itu juga terdapat gunung setinggi 5.500 meter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS