Sistem Operasi Android R Sudah Siap, Terpasang di Pixel 4

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Sistem Operasi Android R Sudah Siap, Terpasang di Pixel 4
Android R terlihat sudah terpasang di ponsel Pixel 4 buatan Google. Ilustrasi foto: Pixel 4 diluncurkan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (15/10/2019). [AFP/Johannes Eisele]

Android R atau Android 11 akan menjadi sistem operasi terbaru Google yang meluncur tahun ini.

Suara.com - Android 10 (Q) belum lagi menjalar ke seluruh ponsel yang diotaki sistem operasi buatan Google itu, tetapi beberapa media melaporkan bahwa sistem operasi Android R alias Android 11 sepertinya sudah rampung dikembangkan.

Buktinya, baru-baru ini muncul keberadaan Android R yang kepergok terpasang di Pixel 4 yang tengah menggunakan aplikasi benchmark Geekbench.

Sudah menjadi rahasia umum, Geekbench biasanya dimanfaatkan pengguna ponsel untuk mengetahui seberapa moncer performa sebuah perangkat, yang juga menampilkan spesifikasi teknis yang diusung ponsel tersebut.

Oleh karena itu, Pixel 4 yang belum lama diluncurkan Google, bukan hanya menampilkan skor benchmark, namun juga mengungkapkan keberadaan OS Android R.

Android R merupakan OS buatan Google paling mutakhir. Sebelumnya, perusahaan asal Mountain View, Amerika Serikat, itu telah merilis Android Q atau yang punya nama resmi Android 10.

Dengan demikian, Android R kemungkinan besar juga memiliki alias Android 11. Sejauh ini, belum diketahui pasti, apakah bocoran Android R itu benar adanya atau merupakan hasil rekayasa.

Namun jika berkaca pada tahun lalu, Google mengumumkan preview Android Q pada bulan Maret yang hadir dalam enam versi beta hingga resmi dirilis pada September sebagai Android 10.

Bila skema yang sama diterapkan di tahun ini, Android R kemungkinan besar akan terlebih dahulu hadir di Pixel yang notabene merupakan ponsel buatan Google, sebelum akhirnya disebarluaskan ke ponsel merek lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS