So Sweet, Demi Putrinya yang Difabel, Ayahnya Bikin Pengontrol Nintendo

Dythia Novianty | Dinar Surya Oktarini
So Sweet, Demi Putrinya yang Difabel, Ayahnya Bikin Pengontrol Nintendo
Nintendo Switch. [Shutterstock]

Seorang ayah membuat pengontrol Nintendo yang khusus untuk putrinya dengan kebutuhan khusus (difabel).

Suara.com - Sejatinya seorang ayah akan melakukan apapun demi kebahagiaan anak-anaknya, meski mereka memiliki keterbatasan. Seperti seorang ayah satu ini, membuat pengontrol Nintendo yang khusus untuk putrinya dengan kebutuhan khusus (difabel).

Diketahui, putrinya bernama Ava (9) tidak bida menggunakan pengendali permainan fiddly.

Melihat anaknya yang begitu menyukai bermain game, Rory Steel, yang juga seorang mantan guru IT dan Kepala Digital Jersey Academy memutuskan merakit pengontrol khusus untuk putrinya.

Dilansir dari laman Daily Mail, Rory Steel membawa Microsoft Adaptive Controller yang dirancang untuk memungkinkan pengguna XBox dengan kebutuhan tambahan lain untuk bermain game ditambah sejumlah perangkat lain dari eBay.

Sayangnya, permainan favorit Ava adalah Zelda: Breath of the Wild, yang hanya tersedia di Nintendo Switch dan Nintendo tak memiliki kontroler adaptif.

Ava menyukai permainan ini karena ia sering melihat teman-temannya memainkannya dan ia telah melihat dari YouTuber favoritnya.

Ia akhirnya terinspirasi membuatkan pengontrol untuk Ava, setelah putrinya hanya bisa melihat teman-temannya bermain Nintendo Switch.

Rory Steel mengatakann bagian tersulit dari mengadaptasi pengontrol untuk Nintendo Switch adalah menemukan joystick yang berdiri di atas kotak yang kompatibel.

Untuk merakit pengontrol ini, ia harus mencari komponen yang dapat terhubung dan membuat sesuatu yang dapat digunakan oleh putrinya.

Pengontrol Nintendo khusus. [Twitter]
Pengontrol Nintendo khusus. [Twitter]

Rory Steel menggunakan kotak sekrup tua dan menghubungkan semua bagian ke controller adaptif Xbox, meski butuh kesabaran karena akan ada banyak sekali kabel.

Fokus Rory Steel adalah memungkinkan Ava dan kakanya, Corban, yang memiliki kondisi yang sama, dapat bermain seperti teman-teman mereka.

Video saat Ava memainkan game Zelda dengan controller tersebut diunggah oleh Rory Steel di Twitter dan mendapatkan sorotan dari warganet, bahkan mendapatkan lebih dari 20 ribu retweets dan 73 ribu likes.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS