Bikin Pusing, Undangan CFD Ini Gunakan Soal Matematika untuk Jam Berkumpul

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bikin Pusing, Undangan CFD Ini Gunakan Soal Matematika untuk Jam Berkumpul
Suasana di kawasan Budaran Hotel Indonesia, Jakarta saat Car Free Day (CFD). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Baru-baru ini, beredar sebuah undangan CFD (Car Free Day) mengharuskan orang yang diundang, berhitung terlebih dahulu untuk mengetahui jam berkumpul.

Suara.com - Undangan suatu acara umumnya berisi informasi yang jelas dan lengkap tentang acara tersebut. Baru-baru ini, beredar sebuah undangan CFD (Car Free Day) mengharuskan orang yang diundang, berhitung terlebih dahulu untuk mengetahui jam berkumpul. Pasalnya, jam berkumpul undangan CFD itu ditulis dalam integral.

Undangan CFD tersebut dikeluarkan oleh Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia dengan tajuk "CFD Bareng Iluni Matematika UI" dan diunggah melalui akun base Twitter @collegemenfess pada 11 Februari.

Diketahui bahwa CFD tersebut diadakan pada 16 Februari mendatang dengan titik kumpul menggunakan posisi sesuai peta. Titik kumpul pada undangan itu tertulis -6.219517,106.803513 di mana jika dimasukkan ke dalam aplikasi Google Maps menunjukkan posisi 6°13'10.3"S 106°48'12.7"E yang berada di sekitar Gelora Bung Karno.

Namun, jam berkumpul acara CFD tersebut menarik perhatian warganet karena menggunakan integral. Tak sedikit warganet yang beramai-ramai mencoba menghitung dan hasil yang didapatkan adalah angka 6. Dengan kata lain, jam kumpul CFD pada pukul 6 pagi.

"Mesti ngitung dulu," tulis pengunggah dalam kolom keterangan.

Undangan CFD yang bikin pusing warganet. [Twitter]
Undangan CFD yang bikin pusing warganet. [Twitter]

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2.100 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang juga mengaku pusing saat melihat soal matematika tersebut.

"Bayangin, emak lu nanya lu berangkat CFD jam berapa dan lu jawab: Jam integral 0 sampai 2 dilanjut integral 0 sampai 3 dari x kuadrat y kuadrat per 4 dx dy mak," tulis akun @agramahatmaa.

Undangan CFD yang bikin pusing warganet. [Twitter]
Undangan CFD yang bikin pusing warganet. [Twitter]

"Buat apa diitung kan bukan alumni UI," komentar @JeromePolin.

"Jam 6," ungkap @invisibeul seraya mengunggah foto hasil perhitungan integral miliknya.

"Gue CFD nggak pake itung-itungan aja nggak ikut. Gimana ini harus ngitung dulu," tambah @hefoth_.

"Diuji itu ilmunya masih nyangkut apa udah nguap," cuit @blauucheen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS