Sampai 2021, Pengembang Bisa Sesuaikan Aplikasi ke Android 11

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Sampai 2021, Pengembang Bisa Sesuaikan Aplikasi ke Android 11
Ilustrasi Android 11. [Shutterstock]

Google memundurkan beberapa kompatibilitas sehingga OS baru tidak langsung rusak.

Suara.com - Google memberikan waktu kepada pengembang hingga akhir 2021 untuk menyesuaikan aplikasi ciptaan mereka ke Android 11. Berkaca pada perilisan sistem operasi (OS) pendahulunya, Android 10, banyak aplikasi yang rusak ketika OS dirilis secara stabil.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa Google memutuskan untuk menunda penegakan API (Application Programming Interface) manajemen file baru ke Android 11 yang baru dirilis dalam bentuk Develepor Preview.

Logo Google. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
Logo Google. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

Untuk mempermudah transisi kali ini, Google memundurkan kompatibilitas sehingga aplikasi atau proyek apapun yang tidak menargetkan OS baru tidak akan langsung rusak ketika dirilis.

Dilansir dari Android Police, Google mengamanatkan bahwa aplikasi apapun yang diterbitkan di Play Store harus menargetkan SDK (Software Development Kit) tidak lebih dari satu tahun lebih tua dari rilis saat ini. Artinya, semua aplikasi pada platform Google Play Store harus disesuaikan dengan Android 11 pada akhir 2021. Masih ada cukup waktu bagi pengembang untuk memperbarui dan menguji proyek terhadap API baru.

Akan lebih baik jika semua aplikasi diperbarui untuk berjalan pada Android 11, tetapi dengan pembaruan sistem yang lambat pada banyak perangkat, para pengembang cenderung sering menunda pengerjaan dengan SDK baru.

Saat ini, Android 11 telah dirilis dalam versi Developer Preview dan hanya bisa dicicipi pada perangkat Pixel 2 atau seri yang lebih baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS