alexametrics

Bantu Orang Tua Awasi Anak Bermain Xbox, Microsoft Rilis Aplikasi Ini

Dinar Surya Oktarini
Bantu Orang Tua Awasi Anak Bermain Xbox, Microsoft Rilis Aplikasi Ini
Ilustrasi Xbox Live. [Shutterstock]

Aplikasi untuk bantu para orang tua ini sudah tersedia di Android atau iOS.

Suara.com - Sejak adanya pandemi dan memaksa orang harus berdiam diri di rumah salah satu hal pilihan untuk mengusir rasa bosan adalah bermain game. Hiburan game di ponsel atau Xbox ini juga ternyata bisa membuat pemainnya lupa waktu, terutama anak-anak..

Tapi tenang kini Microsoft memiliki solusinya bagi para orang tua dan wali yang mengawasi anaknya menghabiskan waktu untuk bermain game di Xbox.

Microsfot merilis aplikasi pengaturan keluarga untuk para orang tua yang mengizinkan anaknya bermain Xbox dengan rentang waktu tertentu. 

Aplikasi ini sudah tersedia di Android atau iOS dan bisa dicoba. Aplikasi ini memungkinkan orang tua mengawasi dan menetapkan batasan jam tentang bagaimana anak-anak mereka menggunakan konsol Xbox One dan pada tingkat lebih rendah Windows 10 PC.

Baca Juga: Video TikTok Polisi Pertemukan Pria yang Hilang 2 Tahun dengan Keluarga

Dilansir dari laman The Verge, dengan aplikasi ini, orang tua dapat membuat akun anak dan menetapkan batas waktu layar setiap hari, memfilter konten berdasarkan usia mereka dan melihat laporan aktivitas harian dan mingguan mereka menghabiskan untuk bermain game.

Aplikasi Pengaturan Keluarga Xbox. (Xbox)
Aplikasi Pengaturan Keluarga Xbox. (Xbox)

Tak hanya itu, mereka juga bisa menyesuaikan dengan siapa saja anak-anak mereka dapat berkomunikasi, bersama dengan membatasi hanya dengan teman-teman mereka.

Seperti dalam kasus Minecraft, Microsoft telah menyertakan opsi bagi orang tua untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bermain online dengan teman.

Diharapkan hal serupa juga diterapkan pada banyak game di masa depan.

Kontrol yang disematkan Micorsoft pada aplikasi ini bukanlah suatu hal yang baru, tetapi apliaksi ini adalah cara yang lebih nyaman untuk mengelola waktu bermain dibandingkan harus masuk ke portal web Microsoft.

Baca Juga: Ojol Kena Apes Order Fiktif Rp530 Ribu, Polisi Justru Lakukan Hal Ini

Pasalnya dengan aplikasi di ponsel membuat para orang tua lebih mudah merespons langsung permintaan bermain anak-anak mereka.

Komentar