facebook

Tahun Ini China dan Amerika Berbarengan Kirim Misi ke Mars

Liberty Jemadu
Tahun Ini China dan Amerika Berbarengan Kirim Misi ke Mars
Sebuah roket Long March 3B melesat dari Pusat Peluncuran Antariksa Xichang di Provinsi Sichuan, China pada Desember 2018. [AFP]

China dan AS akan mengirim misi ketika Bumi dan Mars sedang berada pada titik terdekat, posisi yang terjadi sekali setiap 26 bulan.

Suara.com - Misi pertama China ke Mars akan diluncurkan sekitar musim panas tahun ini dan bakal bersamaan dengan waktu peluncuran mobil robot terbaru Amerika Serikat ke Planet Merah tersebut.

Misi dari dua negara itu akan digelar ketika Bumi dan Mars sedang berada pada titik terdekat, sehingga pesawat antariks bisa melakukan perjalanan lebih cepat serta lebih efisien. Posisi ini terjadi sekali setiap 26 bulan.

Tianwen-1

Pesawat antariksa Tianwen-1 akan dibawa roket Long March 5 pada Juli atau Agustus mendatang. Ia akan mencapai Mars pada Februari 2021 demikian kata Bao Weimin, kepala Komite Sains dan Teknologi dari Korporasi Sains dan Teknologi Antariksa China - perusahaan BUMN China yang mengerjakan proyek-proyek antariksa.

Baca Juga: Rusia Heran, Amerika Kok Girang SpaceX Sukses Bawa Astronot ke Antariksa

Setelah tiba di orbit Mars, Tianwen-1 akan melepaskan muatannya yakni sebuah mobil atau rover robotik ke permukaan Mars. Selain mobil robotik, akan ada juga sebuah satelit yang mengelilingi Mars. China akan meneliti soal air, es, permukaan, dan atmosfer Mars.

Sementara badan antariksa AS (NASA) akan mengirim misi ke Mars pada 17 Juli 2020. Misi itu akan membawa serta mobil robotik terbaru Perseverance, yang akan menggelar penelitian lebih lanjut di permukaan Mars. Diharapkan rover itu akan mendarat di permukaan Mars pada 18 Februari.

Perseverance

Perseverance akan fokus mencari tanda-tanda kehidupan di Mars dan mengumpulkan sampel dari permukan planet itu untuk dibawa pulang ke Bumi. Di permukaan Mars, NASA masih memiliki rover Curiosity yang masih beroperasi bersama setidaknya tiga rover lain yang kini sudah tak berfungsi.

Rover China dirancang untuk beroperasi hanya selama 90 hari di permukaan Mars. Sementara Persevarance akan beroperasi selama satu tahun di Mars atau sekitar 687 hari di Bumi.

Baca Juga: Elon Musk Ingin Ledakkan Bom Nuklir di Planet Mars, Rusia Mengecam

"Titik kunci dalam misi ini adalah memastikan satelit yang mengorbiti Mars berhasil ditangkap oleh medan gravitasi planet itu. Kemudian pendaratan dilakukan yang akan berlangsung selama 7 - 8 menit," jelas Bao.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar