alexametrics

Alasan Realme X3 Superzoom Tak Punya Lubang Audio untuk Headset

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Alasan Realme X3 Superzoom Tak Punya Lubang Audio untuk Headset
Dimensi realme X3 SuperZoom tampak samping dengan siluet style colour [Suara.com/Tivan Rahmat]

Di Indonesia harga Realme X3 Superzoom dipatok di angka Rp 8 juta.

Suara.com - Ada yang unik pada Realme X3 Superzoom yang diluncurkan di Indonesia pada Selasa (16/6/2020): ponsel flagship itu tidak memiliki lubang jack audio 3,55 mm yang biasa digunakan untuk menyambungkan suara dari perangkat dengan headset kabel.

Product Manager Realme Indonesia Felix Christian mengatakan bahwa pihaknya sengaja meniadakan lubang untuk headset kabel agar bodi ponsel lebih ramping.

"Realme X3 SuperZoom mempunyai desain komponen yang padat. Agar bodi ponsel lebih slim, jadi harus ada yang dikorbankan. Jadi port audio jack ditiadakan untuk efisiensi komponen ponsel," ujar Felix dalam sesi tanya jawab dengan awak media pada acara konferensi virtual, Selasa (16/6/2020).

Jadi jika pengguna Realme X3 SuperZoom ingin mendengarkan musik dari headset atau earphone, mereka wajib memakai perangkat nirkabel, earphone TWS misalnya.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Harga Realme X3 Superzoom Rp 8 Juta

Selain jack audio yang ditiadakan, Realme juga tidak menggunakan panel layar AMOLED pada perangkat anyarnya itu dan lebih memilih panel IPS. Padahal jika bicara kemewahan, layar AMOLED lebih unggul.

"Kenapa pakai IPS, enggak AMOLED? Untuk memaksimalkan refresh rate. Selain itu, untuk mendukung performa layar dan agar bisa memindahkan fingerprint ke sisi samping. Fingerprint di samping biar penggunaannya lebih mudah," jelas Felix.

Di Indonesia harga Realme X3 Superzoom dipatok di angka Rp 8 juta setelah diluncurkan secara resmi dalam sebuah acara online, Selasa. Di Tanah Air, Realme X3 SuperZoom akan dijual secara eksklusif di Tokopedia.

Realme X3 SuperZoom dikemas dalam layar 6,6 inci beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 20:9. Layarnya sendiri mendukung refresh rate 120 Hz untuk memuluskan tampilan grafis.

Realme X3 SuperZoom digerakkan oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 855 Plus yang dipadukan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB yang masih bisa didongkrak hingga 512 GB dengan menambahkan MicroSD.

Baca Juga: Review Realme X3 SuperZoom, Paduan Super Pas dari Kamera dan Performa

Soal fotografi, Realme X3 SuperZoom dilengkapi quad camera dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, lensa periskop untuk telefoto 8 MP hingga 60x pembesaran, lensa ultrawide 119° beresolusi 8 MP, dan lensa makro 2 MP dengan jarak bidik 4 cm.

Komentar