Samsung Galaxy A11, Bodi Ringkas Performa Tangkas

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Samsung Galaxy A11, Bodi Ringkas Performa Tangkas
Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Salah satu ponsel yang mereka turunkan di segmen kelas bawah adalah Samsung Galaxy A11.

Suara.com - Belakangan ini, Samsung makin gencar melakukan penetrasi di pasar ponsel kelas bawah. Salah satu ponsel yang mereka turunkan di segmen ini adalah Samsung Galaxy A11.

Hadir dengan harga Rp 2,099 juta, ponsel ini pun bukan hanya menggoda konsumen entry-level dengan harganya saja, tetapi juga menawarkan pengalaman baru melalui sejumlah fitur yang dibawanya.

Lalu, bagaiamana pengalaman ketika menggunakan ponsel ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A11 dikemas dalam tampilan sederhana. Hal ini bisa dilihat dari ketersediaan warnanya yang hanya menawarkan warna hitam dan putih saja. Suara.com sendiri berkesempatan melakukan review Samsung Galaxy A11 warna putih.

Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Meski begitu, bodinya termasuk ramping karena berdimensi 161,4 mm x 76,3 mm x 8 mm dengan bobot hanya 177 gram saja. Jauh lebih enteng ketimbang ponsel di kelas ini yang bisa berbobot di atas 200 gram.

Di sisi kanan, terdapat tombol daya dan pengaturan volume. Sisi kiri dipakai untuk slot kartu SIM ganda dan MicroSD. Sisi atas dipakai untuk lubang jack audio 3,55 mm. Sementara bagian bawahnya digunakan untuk lubang speaker dan pengisian daya kabel Type-C.

Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Beralih ke bagian belakang, tersaji tiga lensa kamera di sudut kiri atas ponsel yang disusun secara vertikal, bersanding dengan LED flash yang ada di sisi kanan kamera. Sedikit bergeser ke bawah, ada pemindai sidik jari berbentuk elips.

Di bagian muka, terhampar layar 6,4 inci beresolusi HD+ (1.080 x 2.400 piksel) yang bagian atasnya dilengkapi notch bermotif Infinify O-Display.

Performa

Di balik tampilan luarnya, Samsung Galaxy A11 membawa spesifikasi yang cukup gahar di kelas entry-level. Qualcomm Snapdragon 450 menjadi otak dibalik performa ponsel ini.

Sekadar informasi, chipset ini membawa CPU octa-core ARM Cortex A53 berkecepatam 1,8 GHz yang sanggup mendongkrak 25 persen peningkatan kinerja komputasi dibandingkan pendahulunya. Selain itu, GPU Qualcomm Adreno 506 yang terintegrasi memberikan peningkatan performa grafis sebesar 25 persen ketimbang Snapdragon 435.

Di sisi lain, chipset ini menawarkan efisiensi baterai dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi ulang daya telepon pintar dari nol hingga 80 persen dalam waktu sekitar 35 menit.

Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung Galaxy A11. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Sementara untuk menampung data dan aplikasi, produsen teknologi asal Korea Selatan ini membenamkan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB yang masih bisa diperluas hingga 512 GB menggunakan MicroSD.

Kombinasi ini membuat perangkat cukup mulus saat dipakai untuk multitasking dan bermain game Mobile Legends, tapi tentu dengan pengaturan grafis standar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS