facebook

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lengkap dari Pembuka, Isi sampai Penutup

Dany Garjito
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lengkap dari Pembuka, Isi sampai Penutup
Ilustrasi pencari kerja tengah menyerahkan surat lamarannya. [Shutterstock]

Ini panduan membuat surat lamaran kerja lengkap.

Suara.com - Mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang benar akan memperbesar kesempatan Anda untuk dilirik perusahaan.

Ya, surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen persyaratan yang cukup sering diminta oleh perusahaan. Walaupun sudah pernah dipelajar saat duduk di bangku sekolah, terkadang pelamar sering melupakan beberapa komponen penting yang perlu dicantumkan dalam surat lamaran kerja.

Perusahaan dapat melihat tingkat ketelitian pelamar melalui surat lamaran kerja yang diberikan. Untuk itu, membuat surat lamaran kerja yang bagus dan benar menjadi sebuah keharusan bagi setiap pelamar kerja.

Berikut cara membuat surat lamaran kerja berdasarkan masing-masing komponen surat !

Baca Juga: Cara Membuat Footnote di Microsoft Word untuk Mac dan Windows

Kepala Surat

Ilustrasi surat lamaran kerja (Shutterstock).
Ilustrasi surat lamaran kerja (Shutterstock).

Terdapat beberapa komponen diletakkan di kepala surat lamaran kerja, yakni:

  1. Tempat dan tanggal surat. Komponen ini diletakkan di bagian paling kanan atas surat.
  2. Identitas penerima surat, meliputi nama dan alamat perusahaan yang ingin dilamar. Komponen ini ditulis setelah tempat dan tanggal surat dan penulisannya dimulai dari sisi kiri kertas.
  3. Salam pembuka. Sama dengan jenis surat lainnya, salam pembuka dalam surat lamaran kerja ditulis sebagai berikut: “Dengan hormat,” Komponen ini tepat ditulis di bawah identitas penerima surat. Jangan lupa untuk memberikan spasi diantaranya.

Isi Surat

Isi surat merupakan bagian yang menyampaikan maksud dan tujuan dari sebuah surat. Berikut susunannya:

  1. Untuk surat lamaran kerja, kalimat pertama ditujukan untuk menginformasikan perusahaan tentang dari mana pelamar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan itu.
  2. Selanjutnya, pelamar dapat menuliskan ungkapan ketertarikan terhadap posisi yang dilamar.
  3. Setelah itu, pelamar dapat menuliskan data diri pelamar, seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat, dan nomor telepon.
  4. Kemudian pelamar dapat menuliskan keunggulan yang dimiliki dalam beberapa kalimat. Keunggulan tersebut tentunya yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar. Misalnya, jika posisi yang dilamar ialah account executive, pelamar dapat menyampaikan keunggulannya dibidang communication skills seperti negosiasi.
  5. Bagian terakhir pada isi surat disi dengan daftar dokumen pendukung yang disertakaan bersama dengan surat lamaran kerja ini. Dokumen ini perlu disesuaikan dengan dokumen persyaratan yang diminta oleh perusahaan, seperti pas foto, portofolio atau resume, dan lainnya.

Penutup

Baca Juga: INFOGRAFIS: Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Pada bagian ini, pelamar dapat menyampaikan harapan untuk mendapatkan kabar baik dari perusahaan, seperti panggilan interview atau keinginan untuk bergabung di dalam perusahaan yang dilamar. Kemudian, surat lamaran kerja dapat diakhiri dengan ucapan terima kasih. Pada bagian paling bawah surat, pelamar dapat menuliskan “Hormat saya,” dan diikuti dengan nama terang pelamar sebagai salam penutup.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar