Cara Mencegah Tidak Dilacak saat Membaca di Gmail

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Mencegah Tidak Dilacak saat Membaca di Gmail
Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]

Ada cara mencegah agar pengguna tidak dilacak saat membaca email.

Suara.com - Semua email pemasaran yang masuk ke kotak masuk, tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga melacak apakah pengguna telah membuka email. Tetapi ada cara mencegah agar pengguna tidak dilacak saat membaca email.

Ada berbagai metode yang digunakan untuk melacak email. Misalnya, salah satu yang paling sederhana adalah tautan pengalihan.

Ketika pengguna mengklik tautan dalam email promosi yang mengarah ke halaman untuk produk yang ingin pengguna beli, tautan tersebut telah dikodekan agar dapat dilacak dan mengirim berbagai data ke server, seperti browser apa yang pengguna gunakan atau dari mana pengguna mengklik tautan.

Dalam beberapa kasus, juga ada metode lain dengan melacak piksel. Satu piksel lacakan disematkan ke email, biasanya disembunyikan dalam gambar atau tautan. Ketika email dibuka, kode di dalam piksel mengirimkan info kembali ke server perusahaan.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat pengguna lakukan untuk menghindari sebagian besar pelacak, seperti menghentikan atau menonaktifkan email memuat gambar secara otomatis. Dilansir dari The Verge, Jumat (24/7/2020), berikut cara mencegah agar tidak dilacak saat membaca email:

1. Nonaktifkan memuat gambar secara otomatis di komputer

Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas > klik pada "See all settings". Di tab General, gulir ke bawah menuju opsi Images > pilih "Ask before displaying external images" > gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan klik Save Changes.

Ilustrasi email. [Shutterstock]
Ilustrasi email. [Shutterstock]

Perlu diperhatikan bahwa ini juga akan mematikan fitur email dinamis Gmail, yang membuat pesan email lebih interaktif.

2. Nonaktifkan memuat gambar secara otomatis di perangkat seluler

Di aplikasi Gmail, pilih ikon tiga baris di sudut kiri atas > gulir ke bawah dan pilih Settings > pilih akun email yang pengguna inginkan > gulir ke bawah dan pilih opsi Images > pilih "Ask before displaying external images". Sama seperti cara di komputer, hal ini juga akan menonaktifkan email dinamis Gmail.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS