Cara Kompres PDF Online Gratis

Rendy Adrikni Sadikin
Cara Kompres PDF Online Gratis
Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Anda tidak perlu khawatir lagi jika ukuran file PDF anda terlalu besar.

Suara.com - Anda tidak perlu khawatir lagi jika ukuran file PDF anda terlalu besar. Saat ini sudah banyak situs online yang menyediakan layanan kompresi PDF secara gratis. Berikut ini beberapa cara kompres PDF Online gratis:

Menggunakan SmallPDF

Pada halaman utama situs ini anda langsung dapat melihat kolom input file. Untuk memilih file PDF yang ingin anda perkecil ukurannya, klik tombol “Choose Files” atau langsung drag file PDF tersebut ke area yang bertuliskan “or drop files here”. Pada tampilan selanjutnya, Anda akan diberikan pilihan metode kompresi yang disediakan, yakni basic compression dan strong compression.

Pada masing-masing metode, diperlihatkan pula estimasi ukuran file setelah dilakukan kompresi. Untuk basic compression, hasil kompres file PDF Anda akan berukuran medium dengan kualitas tinggi. Ukuran file PDF Anda akan berkurang sekitar 40 persen. Untuk strong compression, file PDF Anda setelah dikompres akan berukuran sangat kecil namun masih dengan kualitas yang baik.

Estimasi pengurangan ukuran file PDF pada metode ini mencapai sekitar 75 persen. Sayang, metode strong compression ini merupakan layanan berbayar. Jadi Anda butuh berlangganan untuk mengaksesnya.

Di artikel sebelumnya,kami juga sudah mengulas cara mengompres file PDF melalui situs SmallPDF ini.

Menggunakan PDF Compressor

Anda juga langsung dapat mengunggah file PDF yang ingin Anda kompres di halaman utama situs ini. Berikut cara kerjanya:

  1. Kunjungi laman PDF Compressor
  2. Klik tombol “upload files”
  3. Pilih file PDF dari dokumen Anda
  4. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah file dengan langsung mengesernya ke dalam area yang bertuliskan “drop your files here”
  5. Setelah proses berhasil, file PDF Anda dapat langsung diunduh

Anda dapat langsung mengunggah maksimal 20 files secara bersamaan. Selain itu, file yang telah dikompres juga dapat langsung diunduh sekaligus dalam bentuk ZIP. Di situs ini, Anda juga dapat mengakses fitur lainnya seperti mengubah format file dari PDF ke doc./docx, jpg., png, atau bisa juga sebaliknya, dari format jpg. ke PDF.

Menggunakan IlovePDF

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS