Quick Charce 5 Qualcomm Bisa Isi Baterai Hingga 50% dalam 5 Menit

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Quick Charce 5 Qualcomm Bisa Isi Baterai Hingga 50% dalam 5 Menit
Ilustrasi mengisi ulang baterai ponsel (Shutterstock).

Quick Charge 5 ini akan disematkan pada chipset dengan kode SMB1396 dan SMB1398 yang dijadwalkan meluncur pada triwulan ketiga 2020.

Suara.com - Qualcomm pada pekan ini memamerkan salah satu fitur unggulan yang akan dibawa oleh chipset terbarunya. Diberi nama Qualcomm Quick Charge 5, fitur fast charging ini diklaim mampu mengisi 50 persen baterai ponsel dalam waktu 15 menit saja, atau bertambah 1 persen setiap 6 detiknya.

Dikutip dari Arstechnica pada Selasa (28/7/2020), Qualcomm mengklaim Quick Charge 5 sebagai solusi pengisian baterai ponsel komersial tercepat di dunia.

Ketika mempresentasikan kemampuan fast charging miliknya, Qualcomm menjajalnya pada sebuah ponsel yang membawa baterai 4.500 mAh.

Secara teknis, Quick Charge 5 mengisi daya ponsel pada dua sel yang disebut 2S dan 2SnP secara bersamaan yang memungkinkannya memompa daya 50W ke setiap sel secara bersamaan. Artinya, fitur ini mendukung pengisian daya cepat 100W.

Terkait alasan pemompaan baterai yang dibagi ke dalam dua sel, ini dilakukan untuk mereduksi efek panas yang ditimbulkan selama proses pengisian baterai. Dibandingkan dengan Quick Charge 4, teknologi ini menghasilkan suhu 10°C lebih dingin.

Selain itu, Quick Charge 5 juga akan mendukung USB-PD, sehingga dapat mengisi daya elektronik yang lebih besar dengan kecepatan penuh.

Qualcomm mengatakan, fitur Quick Charge 5 ini akan disematkan pada chipset dengan kode SMB1396 dan SMB1398 yang dijadwalkan meluncur pada Q3 2020.

Kabarnya, chipset ini telah dipesan oleh sejumlah vendor ponsel, seperti Oppo dan Xiaomi. Pasalnya, kedua perusahaan tersebut telah mengumumkan bahwa pihaknya sedang mengembangkan ponsel dengan dukungan fast charging 100W.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS